Timnas Indonesia

Demi Tampil Maksimal di Piala Dunia U-20, STY Minta 11 Pemain Naturalisasi



NOBARTV NEWS – Pelatih U-20 Shin Tae-yong ternyata meminta 11 pemain keturunan guna arungi 2023. Permintaan Shin dibocorkan langsung oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-20 akan turun dalam dua ajang penting tahun depan. Selain Piala Asia U-20, Marselino Ferdinan dkk juga akan turun dalam event bergengsi yakni Piala Dunia U-20 2023. Bertindak sebagai tuan rumah, Garuda muda berhak lolos secara otomatis dan akan menempati pot 1 di undian grup nanti.

Akan tetapi, jika Shin hanya mengandalkan pemain lokal saja seperti saat ini, bisa diprediksi Timnas Indonesia akan menjadi bulan-bulanan oleh para lawan-lawannya. Bagaimana tidak, di Piala Dunia U-20 nanti, tim-tim terbaik dari berbagai benua akan saling berhadapan.

Atas dasar itulah, STY meminta PSSI untuk dicarikan sejumlah pemain naturalisasi. Bukan satu atau dua, akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan itu meminta 11 pemain sekaligus. Hanya saja, berdasarkan pengakuan Indra yang sudah terbang ke Belanda, hanya empat pemain yang memberikan respon positif untuk membela Timnas Indonesia.

“Ada 11 pemain yang diminta coach Shin Tae-yong. Kami dapat empat nama, empat nama itu akan dirilis oleh pak Ketum,” terang Indra Sjafri.

“Posisinya yang dibutuhkan oleh Coach Shin sesuai yang diminta, posisi apanya nanti akan dirilis,” tambah mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

Sebetulnya, di luar 11 nama tersebut, tiga pemain keturunan pernah diundang dan datang ke Indonesia beberapa bulan lalu. Ketiga pemain tersebut adalah Jim Croque, Max Christoffel, dan Kai Boham. Saat itu, ketiganya mendapatkan panggilan dari Shin dan PSSI untuk unjuk bakat bersamaan dengan momentum pemusatan latihan Garuda muda jelang U-19 2022.

Hanya saja, ketiga pemain tersebut dianggap belum layak untuk membela Timnas Indonesia sehingga jelang dihelatnya Piala AFF U-19, ke-tiganya dipulangkan ke klubnya masing-masing.

Adapun dari empat pemain yang dikatakan Indra Sjafri, dua di antaranya kemungkinan besar adalah Ivan Jenner dan Justin Hubner. Dua pemain tersebut sebelumnya pernah disebut-sebut sepakat untuk membela Timnas Indonesia. Ivan Jenner merupakan pemain muda FC Utrecht sedangkan Justin Hubner adalah bek tengah milik klub Liga Premier Inggris Wolverhampton Wanderers. Kedua pemain tersebut sama-sama memiliki darah Indonesia dan saat ini berstatus sebagai warga negara Belanda.

“Pokoknya saya ditugasi memilih 11 dan terpilih empat, setelah itu saya rekomendasikan kepada coach Shin. Keputusan terakhir ada di coach Shin, karena dia yang paling tahu posisi mana yang dibutuhkan, kami kasih nama empat,” tutup Indra Sjafri.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments