Timnas Indonesia

Iwan Bule Minta Penerusnya di PSSI Hormati kontrak STY di Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – KLB PSSI akan digelar tidak lama lagi. Ketum PSSI aktif Mochamad Iriawan berpesan sejak dini. Jika dirinya tak lagi menjabat (sebagai Ketum PSSI), maka penerusnya wajib menghormati kontrak pelatih Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong datang ke Indonesia pada awal tahun 2020 lalu. Saat itu, Iriawan baru saja dikukuhkan sebagai Ketua Umum PSSI. Eks purnawirawan Polri bintang tiga itu resmi menduduki takhta Ketum PSSI pada tahun 2019 menggantikan Edy Rahmayadi.

Secara spesifik, pria yang biasa disapa Iwan Bule itu menandatangani sumpahnya sebagai orang nomor satu di PSSI per tanggal 2 November 2019. Jadi, tidak lebih dari enam bulan sejak menjabat, Iriawan melakukan keputusan mencengangkan. Ia mendatangkan pelatih kelas wahid Asia yakni Shin Tae-yong. Sebelumnya, sang pelatih berstatus sebagai arsitek Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Kedekatan Iriawan dengan STY pun terjalin erat. Bahkan, ketika kontraknya masih bertahan untuk satu tahun ke depan, Iriawan sempat merencanakan untuk memperpanjang kontraknya lagi.

Sejauh ini, STY memang belum bisa membawa Timnas Indonesia sebagai juara. Paling baik, prestasi yang mampu diraihnya bersama Timnas Indonesia adalah peringkat kedua di 2020 dan juara ketiga SEA Games 2021.

Namun yang tak bisa kita pungkiri adalah Shin menjadi satu-satunya pelatih yang pernah menangani Timnas Indonesia – yang sukses membawa dua kelompok umur sekaligus untuk mentas di even bergengsi. STY berhasil membawa skuad Garuda Indonesia ke Piala Asia 2023 di Qatar serta sukses membawa skuad Garuda muda mentas di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Prestasi lain yang tak kalah baiknya adalah ia mampu mengangkat peringkat Indonesia di rangking FIFA dari 170-an menjadi peringkat 152. Raihan-raihan ini, meski tak berbentuk juara namun sesuatu yang sangat spesial untuk kita syukuri.

Atas dasar itulah, Iriawan kesengsem dengan arsitek asal Korea Selatan ini.

Sadar KLB akan segera dilakukan, Iriawan pun memberikan arahan jika kelak di KLB tersebut dirinya tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI. Iriawan berpesan kepada penerusnya untuk tetap menghormati kontrak Shin Tae-yong yang akan berakhir pada akhir tahun 2023 ini.

“Kalau kontrak kan memang dia sampai akhir 2023. Tetap kan itu kontraknya harus kita sepakati. Nanti siapa pun ketua umum tentunya itu kontrak harus tetap sesuai dengan perjanjian yang ada yaitu tahun 2023 akhir,” kata pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

“Saya pikir kontrak harus disepakati karena tertera sampai akhir 2023. Saya pikir cukup bagus ya STY. Saya mengikuti terus bagaimana perkembangan dia melatih timnas kita. Saya tanyakan kenapa kamu ingin melatih sampai (timnas) senior, karena ada kesinambungan dari junior ke senior yang memang sekarang kita lihat peringkatnya setelah Shin (menangani tim) kan naik 27 peringkat dari 179 ke 152,” tutupnya kemudian.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

31 Comments