Timnas Indonesia

Zanadin Fariz Waspadai Hal Ini di Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Beberapa hari menjelang Piala Asia U-20 2023, gelandang Garuda muda asal Persis Solo Zanadin Fariz memiliki kekhawatiran pribadi. Gelandang enerjik tersebut menyebut ada hal yang harus diwaspadai timnya di even Piala Asia U-20 tersebut.

Sebagaimana diketahui, U-20 akan bermain di Piala Asia U-20 2023. Even tersebut akan dimulai sejak 1 Maret hingga 18 Maret 2023. Semifinalis untuk ajang sepak bola tersebut otomatis lolos ke putaran final 2023 yang akan diadakan di Indonesia.

Meski skuad Garuda muda sudah dipastikan lolos ke even Piala Dunia U-20 tersebut, namun tak ada alasan bagi mereka untuk tenang atau bahkan bersantai. Pasalnya, mereka juga akan berjumpa beberapa tim kuat di Piala Asia U-20 tersebut. Akan sangat memalukan bagi Shin Tae-yong selaku pelatih andaikata Timnas Indonesia jadi bulan-bulanan di Piala Asia U-20 nanti.

Maka daripada itu, sejak 1 Pebruari kemarin, skuad Garuda muda sudah mengikuti pemusatan latihan berikut dengan beberapa laga uji coba. Sejauh ini, mereka sudah melakukan 4 kali uji coba. Yakni melawan Persija Youth, Fiji U-20, Guatemala U-20, dan Selandia Baru U-20. Dari keempat uji coba tersebut, Zanadin Fariz dkk telah mencetak dua kali kemenangan atas Persija Youth (3-1) dan Timnas Fiji U-20 (4-0). Adapun dua laga lainnya skuad Garuda muda mengalami kekalahan masing-masing atas Selandia Baru U-20 (2-1) dan Guatemala U-20 (1-0).

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Dan dalam waktu dekat ini, direncanakan pada 23 Pebruari besok skuad Garuda muda beserta rombongan sudah akan berangkat ke Uzbekistan selaku tuan rumah Piala Asia U-20. Dari serangkaian uji coba kemarin, beberapa kesalahan krusial masih jadi pekerjaan rumah bagi Shin Tae-yong. Seperti mental dan fisik yang disebutnya masih lemah.

Namun berbeda dengan sang pelatih, Zanadin Fariz justru memiliki kekhwatiran pribadi. Kekhawatiran tersebut membuat Fariz menyebut timnya harus jauh lebih waspada.

Kekhawatiran yang dimaksud Fariz adalah laga pertama bagi Timnas Indonesia. Sebab laga kedua dan seterusnya sangat bergantung dari laga pertama tersebut. Mental sebuah tim akan sangat bergantung pada laga di mana mereka memulai sebuah turnamen. Bahkan kata Fariz, laga pertama adalah laga paling sulit dan yang paling menentukan.

“Buat saya pribadi, di Piala Asia nanti pertandingan awal pasti sangat sulit dan itu paling menentukan karena kami harus adaptasi juga. Tapi kami pemain pasti berusaha semaksimal mungkin,” kata Zanadin Fariz.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Untuk saya sendiri bakal kasih penampilan terbaik dan rekan-rekan juga semoga bisa bantu timnas indonesia bisa lanjut ke babak berikutnya,” ujarnya menambahkan.

Untuk laga pertama di Piala Asia U-20 tersebut, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Irak U-20. Laga tersebut akan dilangsungkan pada 1 Maret 2023 diikuti dengan laga kedua melawan Suriah dan terakhir jumpa tuan rumah Uzbekistan.

Kabar baiknya, Timnas Irak U-20 yang akan menjadi lawan Indonesia tersebut tidak akan berkekuatan penuh. Dari 23 pemain yang sudah pasti didaftarkan oleh pelatih Irak U-20, hanya 2 punggawa yang merupakan pemain abroad. Sedangkan sisanya adalah pemain lokal yang berkarir di Liga Irak. Menariknya, tak ada nama wonderkid muda Manchester United Zidane Iqbal dalam daftar pemain yang dibawa Irak ke Piala Asia U-20 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

12 Comments