Timnas Indonesia

Asnawi Bongkar Target STY di Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS – Bek sayap Asnawi Mangkualam Bahar membongkar target Shin Tae-yong bersama skuad Garuda di Piala Asia 2023 mendatang.

Seperti yang diketahui, pada tahun depan (2024), skuad Timnas Indonesia akan memainkan sebuah even penting bertajuk Piala Asia 2023. Even sepakbola terbesar se-Asia itu akan digelar di Qatar. Adapun Timnas Indonesia menjadi satu dari 24 kontestan yang akan bergabung dalam even tersebut.

Dalam babak drawing yang dilakukan beberapa minggu lalu, Timnas Indonesia dipastikan berada di grup D bersama tiga tim yang berasal dari pot-pot berbeda. Dari pot 1, skuad Garuda dipastikan tergabung dengan Timnas Jepang. Sementara dari pot 2, ada Timnas Vietnam dan Timnas Irak dari pot 3. Jika dibandingkan dengan ke-tiga tim tersebut, skuad Garuda jelas menjadi tim yang paling tidak diunggulkan. Pasalnya, di peringkat FIFA, skuad Garuda menjadi tim terbawah di antara kontestan grup D (149). Bahkan, tak hanya di grup D saja, namun secara keseluruhan, Timnas Indonesia menjadi tim peringkat terendah di antara seluruh tim yang bertanding di Piala Asia 2023.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Walaupun demikian, skuad Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong tetap diminta untuk tampil beringas di even tersebut. Meskipun dihadang oleh tim-tim kuat di grupnya (D), namun skuad Garuda mendapatkan target khusus dari PSSI. Hal itulah yang ditargetkan PSSI kepada Shin Tae-yong – yang baru-baru ini diungkapkan oleh Asnawi. Kepada FIFA+, bek sayap yang saat ini bermain di klub Korea Selatan Jeonnam Dragons itu mengungkapkan target yang diberikan PSSI kepada sang pelatih.

“Memang ya pasti targetnya sampai saat ini yang aku dengar dari tim pelatih memang lolos dari penyisihan grup,” kata Asnawi pada FIFA+.

Untuk mencapai target tersebut, Asnawi dan punggawa Timnas Indonesia lainnya siap berjuang semaksimal mungkin untuk meraih target yang diinginkan. Sebab katanya, saat ini skuad Garuda memiliki tim terbaiknya.

“Pokoknya kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk meraih hasil yang baik, karena memang Timnas Indonesia memiliki [pemain] bisa dibilang tim terbaik saat ini,” katanya menambahkan.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Selain Asnawi, beberapa pemain abroad diandalkan untuk berlaga di even Piala Asia 2023 nanti. Tidak seperti sebelumnya (2022), kemungkinan besar seluruh pemain abroad dan naturalisasi sudah bisa bertanding bersama Timnas Indonesia di Piala Asia nanti. Tercatat, saat ini Timnas Indonesia memiliki 10 pemain abroad yang tersebar dari benua Asia hingga Eropa.

Dari benua Asia, Timnas Indonesia memiliki Jordi Amat (Johor Darul Takzim-Malaysia), Saddil Ramdani (Sabah FC-Malaysia), Pratama Arhan (Tokyo Verdy-Jepang) dan Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons-Korea Selatan). Adapun dari benua Eropa, skuad Garuda memiliki Elkan Baggott (Cheltenham Town-Inggris), Shayne Pattynama (Viking FK-Norwegia), Sandy Walsh (KV Mechelen-Belgia), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze-Belgia), Ivar Jenner (FC Utrecht-Belanda) dan Rafael Struick (ADO Den Haag-Belanda).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment