Timnas Indonesia

Tokyo Verdy Konfirmasi Kepulangan Arhan ke Indonesia, Bagaimana dengan Pemain Abroad Lainnya?



NOBARTV NEWS – Klub kasta kedua Tokyo Verdy mengkonfirmasi bahwa salah satu pemainnya yakni Pratama Arhan telah kembali ke Indonesia pada 16 November kemarin. Kembalinya Arhan mengindikasikan bahwa dirinya akan ikut membela di 2022.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF 2022 akan dilangsungkan tak lama lagi. Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama sang juara bertahan Thailand. Selain Thailand, adapula Timnas Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam. Menariknya, di edisi sebelumnya, Thailand merengkuh gelar Piala AFF 2020 setelah memenangkan pertandingan kontra Timnas Indonesia. Saat itu, Thailand menang dengan agregat gol 6-2. Di edisi kali ini, kedua tim akan dipertemukan jauh lebih cepat.

Menjelang Piala AFF yang akan dihelat pada pertengahan Desember ini, beberapa tim sudah melakukan persiapan. Seperti Filipina yang bakal beruji coba dengan Vietnam, begitu juga dengan Timnas Kamboja yang akan melawan Malaysia. Beberapa tim juga telah memanggil skuadnya untuk diseleksi.

Timnas Indonesia sendiri belum mengumumkan daftar pemain yang akan dibawa. Namun, dari pengakuan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Jordi Amat dan Sandy Walsh telah dimasukkan oleh Shin Tae-yong dalam daftar pemain yang akan diikutsertakan. Jadi, sepertinya PSSI sudah mendapatkan nama-nama tersebut namun belum memberikan pengumuman kepada publik.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Di samping itu, Arhan yang saat ini tengah membela klub Jepang dikabarkan pulang ke tanah air. Pulangnya Arhan juga mengindikasikan bahwa dirinya telah dipanggil oleh PSSI. Dalam laman resminya, klub Arhan Tokyo Verdy mengumumkan bahwa sang pemain telah kembali ke negaranya.

“Kami informasikan bahwa Arhan telah kembali ke Indonesia pada tanggal 16 November (Rabu),” tulis Tokyo Verdy di laman resminya.

Pengumuman itu juga Verdy bagikan di akun media sosialnya. Pengumuman itu diunggah menggunakan bahasa Jepang.

Tenaga Pratama Arhan amat dibutuhkan oleh Timnas Indonesia. Di edisi sebelumnya, ia tampil cemerlang bahkan keluar sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Maka dari pada itu, sedini mungkin ia pulang ke Indonesia setelah ia mendapatkan surat perintah dari PSSI.

Akan tetapi, hanya Arhan seorang pemain abroad yang diumumkan telah pulang ke Indonesia. Bagaimana dengan peluang pemain lainnya? Seperti Baggott, Egy, Asnawi, hingga Witan?

Baca Juga:  Indonesia vs Korea Selatan: Berikut Jadwal 8 Besar Piala Asia U23 2024!

Untuk Baggott, kecil kemungkinannya ia dapat pulang ke Indonesia. Terlebih ia merupakan andalan bersama klubnya dan juga di saat Piala AFF berlangsung, Gillingham FC memiliki jadwal yang sangat padat. Piala AFF 2022 akan dimulai pada 20 Desember 2022 dan berakhir pada 16 Januari 2023. Dalam kurun waktu itu, Gillingham dijadwalkan berjumpa dengan Wolverhampton Wanderers di Piala Liga, lalu berjumpa lima tim berbeda dalam ajang League Two.

Adapun Asnawi, karena dirinya telah menyelesaikan seluruh musim 2022-2023 bersama Ansan Greeners, eks pemain PSM Makassar itu kemungkinan besar bisa membela Timnas Indonesia. Hanya saja, ia belum mengkonfirmasi keikutsertaannya sampai saat ini.

Sedangkan Witan dan Egy, duo sayap yang bermain di itu besar kemungkinannya akan pulang ke Indonesia untuk memperkuat skuad Garuda. Mengapa? Di awal Desember ini, Liga Slovakia akan rehat untuk sementara karena musim dingin. Pertandingan sepak bola di kasta tertinggi Liga Slovakia itu akan kembali dilanjutkan pada Pebruari tahun depan. Dengan demikian, Egy dan Witan hampir dipastikan pulang menyusul Arhan yang lebih dulu tiba di tanah air.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments