Timnas Indonesia

STY Minta Maaf Indonesia Terhenti di Semifinal Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Langkah Indonesia terhenti di leg kedua semifinal 2022. Bertandang ke markas Vietnam di Mỹ Đình Stadium, skuad Garuda tumbang dengan skor akhir 2-0. Atas kekalahan itu, tak ada yang bisa dilakukan Shin Tae-yong kecuali meminta maaf kepada para fans .

Tadi malam, skuad Garuda memainkan laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Sejatinya, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang minimal 1-1 untuk meloloskan diri ke babak final. Atau paling memungkinkan, skuad Garuda bisa menahan Vietnam 0-0 agar permainan dilanjutkan dengan extra time dan berujung pada babak adu penalti.

Namun sayang, di markas sang lawan, skuad Garuda tak berkutik sama sekali. Tak satupun tembakan berbahaya yang mampu dibuat oleh anak asuh Shin Tae-yong itu. Selain itu, koordinasi permainan para punggawa skuad Garuda juga sangat buruk. Umpan sering salah sasaran, cepat kehilangan bola, dan kesulitan merebut bola dari kaki para pemain lawan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Namun yang paling disorot adalah pecahnya konsentrasi mereka. Dari dua gol yang dicetak sang lawan, keduanya dicetak masing-masing pada awal babak pertama dan kedua. Yaitu ketika pertandingan baru berjalan tiga menit di babak pertama, dan ketika laga baru dimulai dua menit di babak kedua.

Dua gol tersebut dicetak oleh orang yang sama yakni Nguyễn Tiến Linh. Gol pertama dilesakkan setelah ia mendapatkan umpan lambung ke depan gawang Nadeo. Sedangkan gol kedua dihasilkan lewat sundulan.

Atas kekalahan itu, Timnas Indonesia semakin memperpanjang catatan buruknya di Piala AFF ini. Sejak pertama kali dihelat pada tahun 1996 lalu, skuad Garuda tak sekalipun pernah meraih gelar. Paling baik, Timnas Indonesia hanya keluar sebagai runner-up.

Adapun bagi Shin Tae-yong, Piala AFF 2022 merupakan kali kedua ia menangani Timnas Indonesia di level yang sama. Di edisi sebelumnya, prestasi yang diraihnya bahkan jauh lebih baik. Saat itu, skuad Garuda mampu finis sebagai runner-up di bawah Timnas Thailand.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan untuk memajukan sepak bola Indonesia. Karena hasil ini, saya merasa sangat menyesal dan ingin meminta maaf kepada para penggemar Indonesia,” ujar Shin Tae-yong usai laga tadi malam.

“Dengan gol pertama, yang selalu saya katakan adalah fokus pada lima menit pertama dan terakhir. Gol pertama sangat bagus dan penjaga gawang Indonesia saat itu tidak siap, tidak menghitung waktu dengan baik. Gol kedua, pemain saya juga kehilangan konsentrasi,” tambah eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

“Saya perlu menganalisisnya lebih dekat. Saat ini, saya tidak dapat memastikan apa pun tanpa analisis lengkap,” tutup sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments