Timnas Indonesia

Daftar 10 Pemain Termahal di ASEAN: 1-3 Diisi Skuad Garuda!

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID 10 pemain termahal Asia Tenggara, Kehadiran pemain naturalisasi di skuad membuat nilai pasaran tim melonjak drastis. Bahkan, tiga pemain termahal Asia Tenggara diisi oleh punggawa Garuda.

Seperti yang diketahui, satu persatu pemain keturunan resmi menyandang status sebagai WNI. Masifnya proses naturalisasi memang sudah dimulai sejak tahun 2010-an. Namun sayangnya, pada era 2010-an ke atas, kualitas pemain yang dinaturalisasi tidak sebaik sekarang.

Sebagai contoh, PSSI di era saat itu kebanyakan menaturalisasi pemain yang memang sudah menetap dan bermain di Liga Indonesia cukup lama. Sebut saja seperti Cristian Gonzales, Diego Michiels, lalu diikuti beberapa tahun berikutnya pada sosok bernama Beto Goncalves hingga Otavio Dutra.

Namun kini, perbedaanya adalah PSSI menaturalisasi pemain dengan sangat hati-hati dan memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan tim nasional. Berbicara mengenai kebutuhan tim nasional, maka pemain yang dicari tentu yang sesuai dengan keinginan pelatih dalam hal ini Shin Tae-yong. Dalam memilih pemain pun, Shin dengan cermat dan tak sembarang dalam mengusulkan nama-nama yang diinginkannya.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

Oleh karena itu, di masanya, beberapa pemain berkualitas didatangkan dan kini berstatus sebagai punggawa Timnas Indonesia. Sebut saja seperti Jordi Amat dengan pengalamannya pernah bermain di La Liga hingga Liga Premier Inggris. Lalu ada Sandy Walsh yang juga pernah membela beberapa klub top Belgia. Adapula Shayne Pattynama yang kita ketahui pernah merumput di Eredivisie dan . Bahkan, untuk pemain muda (yang dinaturalisasi) pun, Shin betul-betul memilih sosok yang berkualitas. Seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, dan yang paling baru adalah Justin Hubner.

Daftar 10 Pemain Termahal di ASEAN: 1-3 Diisi Skuad Garuda!
Jay Idzes dan Justin Hubner pasca pertandingan
(sumber: IG @jayidzes)

Jumlah ini terus bertambah dengan kedatangan beberapa pemain top seperti Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Maarten Paes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan yang paling baru dan sedang diproses yakni Calvin Verdonk.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Tak pelak, kedatangan pemain berkualitas dan syarat pengalaman ini membuat nilai skuad Garuda melonjak drastis. Bahkan, dari 10 pemain yang memiliki harga pasaran tertinggi di Asia Tenggara, empat di antaranya merupakan punggawa Timnas Indonesia. Menariknya lagi, peringkat 1 – 3 dalam daftar tersebut merupakan pemain Garuda Indonesia.

Berikut 10 pemain termahal Asia Tenggara:

1. Thom Haye (3 juta euro)

2. Sandy Walsh (1,5 juta euro)

3. Jay Idzes (1,4 juta euro)

4. Raphael Obermair (1,2 juta euro)

5. Chanathip Songkrasin (1 juta euro)

6. Supachai Chaided (1 juta euro)

7. Jordi Amat (800 ribu euro)

8. Dion Cools (800 ribu euro)

9. Supachok Sarachat (800 ribu euro)

10. Suphanat Muenta (800 ribu euro)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *