Timnas Indonesia

Bung Towel Kritik STY: Katanya Sudah Level Asia, Lawan Filipina Sangat Pas-pasan!



NOBARTV NEWS – Pengamat sepakbola Indonesia Bung Towel melempar kritik pedas kepada pelatih Shin Tae-yong. Kritik tersebut dilontarkannya usai skuad Garuda meraih catatan buruk dalam dua laga awal 2026 zona Asia.

Seperti yang diketahui, pada bulan November ini, kita disuguhkan oleh beberapa aksi dari skuad Timnas Indonesia. Selain penampilan Timnas Indonesia U-17 di 2023, kita juga disuguhkan dengan aksi dari Timnas Indonesia senior.

Ya, pada bulan ini, skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong itu juga beraksi pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua. Setelah di bulan lalu sukses mengandaskan perlawanan Timnas Brunei dalam ronde pertama – kini, skuad Garuda melaju ke ronde kedua dan tergabung dalam grup F. Dalam grup F itu, terdapat tiga kontestan lainnya yakni Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

Namun untuk bulan ini, hanya dua laga yang dimainkan pada ronde kedua tersebut. Sisanya yakni empat pertandingan lainnya akan digelar pada tahun depan.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Bung Towel Kritik STY: Katanya Sudah Level Asia, Lawan Filipina Sangat Pas-pasan!
Pengamat sepakbola Indonesia Bung Towel

Sayang, dari dua laga yang sudah digelar itu, Marc Anthony Klok dkk mencatatkan hasil yang sangat buruk. Melakoni dua laga tandang ke markas Irak dan Filipina, skuad Garuda cuma mendapatkan satu poin saja. Satu poin itu didapatkan ketika berhadapan dengan Filipina di Rizal Memorial Stadium. Sementara itu, dalam laga melawan Irak di Basra International Stadium, Timnas Indonesia menderita kekalahan telak dengan dibantai sang tuan rumah 5-1.

Hasil buruk ini tak pelak menjadi perhatian banyak orang. Netizen hingga pengamat sepakbola nasional ramai-ramai memberikan komentarnya. Ya, bagaimana tidak, dengan hasil buruk itu, kini skuad Garuda bertengger di peringkat terbawah klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua.

Salah satu kritikan baru-baru ini dilontarkan oleh pengamat sepakbola Indonesia Bung Towel. Tanpa rem, Bung Towel melontarkan kritik sekaligus sindiran pedas kepada performa Timnas Indonesia – terkhusus terhadap sang pelatih Shin Tae-yong. Hasil buruk ini, kata Bung Towel adalah sebuah rapot merah bagi sang pelatih.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

“Ini kan kenyataannya hanya mendapatkan satu poin. Ini jelas start yang buruk, rapor merah bagi STY,” kata Bung Towel.

“Katanya kita sudah level Asia, tapi menghadapi Irak kita kalah lima gol, Korea Selatan (uji coba) juga lima gol, dan lawan Filipina kita ketinggalan dulu 1-0. Dan yang lebih memprihatinkan permainan kita lawan Filipina juga sangat pas-pasan, beruntung tidak kalah,” tambah pria pemilik nama lengkap Tommy Welly itu.

“Apa laporan dan evaluasi BTN harus segera disampaikan kepada Exco PSSI. Lalu Exco harus segera melakukan langkah. Apakah mau dibiarkan memasuki pertandingan ketiga keempat dengan performa sangat buruk di dua pertandingan awal? Mau sampai kapan,” katanya lagi.

“PSSI harus menagih janji dan ucapan STY. Dia minta untuk level yang letih tinggi dengan naturalisasi sudah (diwujudkan). Tapi justru lawan Filipina tadi Sandy Walsh main starter cuma 30 menit kemudian diganti. Berarti kan ada perhitungan yang nggak jalan,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid