Timnas Indonesia

Suara Exco Terbelah! Hamdan Hamedan Harap STY Bertahan, Juni Rachman dkk Minta Sang Pelatih Keluar!



NOBARTV NEWS – Kegagalan Shin Tae-yong di 2022 membuat suara Exco PSSI terpecah belah. Beberapa anggota Exco seperti Hamdan Hamedan berharap Shin Tae-yong tetap sebagai pelatih . Sementara itu, anggota Exco lainnya yakni Juni Rachman dkk blak-blakan meminta STY mundur sebagai bentuk pertanggungjawabannya.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia baru saja menyelesaikan seluruh pertandingannya di Piala AFF 2022. Andai saja Timnas Indonesia lolos ke babak final, Marc Klok dkk masih berada dalam even tersebut. Namun sayang, di babak semifinal kemarin, Timnas Indonesia tumbang atas Timnas Vietnam. Anak asuh Shin Tae-yong dikalahkan skuad The Golden Stars Warriors dengan skor agregat 2-0.

Piala AFF 2022 merupakan turnamen kedua Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia dalam even yang sama. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu juga menangani skuad Garuda di Piala AFF 2020. Selain dua even tersebut, Shin juga pernah membersamai Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur seperti SEA Games 2021 bersama Timnas U-23 dan Piala AFF U-19 2022 dengan Garuda muda.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dari empat even tersebut, Shin tak mampu membawa Timnas Indonesia sebagai juara. Di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia keluar sebagai runner-up, di SEA Games 2021 skuad Garuda berada di peringkat tiga, di Piala AFF 2022 hanya sampai semifinal dan di Piala AFF U-19 2022 skuad Garuda muda tak lolos ke putaran gugur.

Atas hasil buruk tersebut, banyak pihak yang mendesak agar Shin turun dari kursi kepelatihan. Begitupula dengan anggota Exco PSSI. Beberapa anggota Exco PSSI ada yang mendukung Shin Tae-yong untuk tetap menjadi pelatih Timnas Indonesia – adapula yang menuntut STY keluar.

Juni Rachman dan Haruna Soemitro menjadi dua anggota Exco yang menginginkan Shin untuk angkat kaki. Meski belum melakukan rapat dengan anggota Exco lainnya, namun kepada media, kedua tokoh PSSI tersebut mengisyaratkan diri untuk tidak mendukung Shin lagi.

“Gagal, out-lah,” kata Juni Rachman kemarin.

“Para pemuja STY, waktu dan tempat dipersilakan,” kata anggota Exco lainnya Haruna Soemitro.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Ya dipersilakan berkomentar,” tambahnya lagi.

Adapun di antara anggota Exco yang menginginkan Shin Tae-yong tetap sebagai nakhoda Timnas Indonesia adalah Yoyok Sukawi dan Hamdan Hamedan.

“Sebagai anggota Exco [PSSI], saya dengan tegas dan menolak kalau coach Shin Tae-yong harus mundur atau dipecat dari posisi pelatih Timnas. Memang harus ada evaluasi, namun evaluasi tidak harus dengan pemecatan atau mundur. Coach STY sudah banyak melakukan perubahan-perubahan yang berujung positif bagi Timnas,” terang Yoyok.

Adapun Hamdan Hamedan, anggota Exco yang mengurusi proses naturalisasi itu memuat pesan dukungannya kepada STY melalui akun instagramnya.

“Menurut saya tidak bijak mengganti pelatih yang telah menunjukkan trend line positif secara umum. Apalagi beberapa bulan lagi kita menghadapi Piala Asia U-20 AFC 2023 dan ,” tulis Hasani.

“Gonta-ganti pelatih mungkin malah akan mengganggu persiapan dan berujung pada kegagalan di kedua even yang sudah di depan mata,” lanjutnya.

“So if you ask me, i would say, STY stay,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

17 Comments

    1. Semoga struktur PSSI kedepannya
      Ketum Erick Thohir
      Waketum Iwan bule
      Sekjen Ratu Tisha
      Exco Pak Abdul ghani pak Hamdan dan admin SIF

      Percayalah orang-orang nya amanah dan kerja nyata