Timnas Indonesia

Ramai Rumakiek: Dulu Dibuang STY, Kini Jadi Pahlawan di Asian Games



NOBARTV NEWS U-24 memetik hasil positif dalam laga perdananya di ajang Asian Games 2022. Mereka sukses mengalahkan Kirgistan dengan skor akhir 2-0. Menariknya, pahlawan Timnas Indonesia semalam berasal dari pemain yang sempat dibuang Shin Tae-yong, Ramai Rumakiek.

Even multi olahraga Asian Games 2022 untuk cabor (cabang olahraga) sepakbola putra resmi dibuka pada Selasa (19/9) kemarin. Di hari itu, skuad Garuda yang diwakili oleh Timnas Indonesia U-24 juga memainkan laga perdananya. Tergabung dalam grup F bersama Timnas Korea Utara U-24, China Taipei U-24, dan Kirgistan U-24, skuad Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan di laga awal.

Kemenangan tersebut ditorehkan atas skuad Kirgistan U-24 dengan skor akhir 2-0 dalam laga yang digelar di Zheijang Normal University East Stadium. Dua gol yang bersarang ke gawang Kirgistan U-24 dikemas oleh Ramai Rumakiek dan Hugo Samir. Sebelumnya, di grup dan stadion yang sama, skuad Korea Utara U-24 juga berhasil membekuk China Taipei U-24 dengan kedudukan akhir 2-0.

Menariknya, dalam daftar pencetak gol Timnas Indonesia itu, ada satu pemain yang sudah lama hilang yakni Ramai Rumakiek.

Dulunya, Rumakiek merupakan pemain andalan Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong selalu menyertakan namanya baik untuk tim senior maupun U-23. Bersama skuad Garuda senior, Rumakiek memiliki caps sebanyak 12 pertandingan dan sukses membuat tiga gol. Adapun untuk Timnas U-23, pemain kelahiran 19 April 2002 itu sudah memiliki caps sebanyak dua.

Baca Juga:  Kapten Uzbekistan Puji Indonesia: Indonesia Bermain Sangat Baik

Namun sayangnya, nama Rumakiek tenggelam di pertengahan tahun lalu. Menjelang ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Shin Tae-yong membuang sang pemain dalam daftar yang dipersiapkannnya. Ya, pada awalnya, Rumakiek masuk dalam daftar pemain yang akan dibawa Shin Tae-yong ke ajang SEA Games 2021.

Tapi sejak hari pertama pemusatan latihan sampai menjelang TC lanjutan ke Korea Selatan saat itu, Rumakiek tak pernah bergabung. Akibatnya, STY mencoret bahkan memberikannya sanksi tegas. STY kesal lantaran setelah beberapa kali dihubungi oleh PSSI, Rumakiek tak memberikan respons apapun.

“Rumakiek tidak bisa main di SEA Games. Kami sudah melayangkan surat pemanggilan, dia tidak respons sama sekali, jadi saya harus berikan sanksi kepada Rumakiek,” kata Shin Tae-yong pertengahan tahun lalu.

Dan ternyata, pencoretan nama Rumakiek saat itu cukup berpengaruh dalam kariernya sebagai pemain Timnas Indonesia. Rumakiek sejak saat itu tak pernah mendapat panggilan lagi dari Shin Tae-yong. Ia melewatkan beberapa laga penting bersama skuad Garuda seperti 2022, SEA Games 2023, Kualifikasi , serta beberapa laga FIFA Matchday yang ditangani oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca Juga:  Usai Maarten Paes, PSSI Kenalkan 2 Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia, Siapa Saja?

Namun keadaan berubah 100 derajat ketika namanya tiba-tiba muncul dalam daftar pemain yang disiapkan untuk Asian Games 2022. Pelatih Timnas U-24 Indra Sjafri untuk pertama kalinya kembali memanggil sang pemain sejak didepak STY pada SEA Games tahun lalu itu.

Dan secara mengejutkan, di laga comeback-nya bersama Timnas Indonesia setelah absen lebih dari satu tahun lamanya, Rumakiek membuat kejutan. Sang pemain menjadi pahlawan untuk kemenangan skuad Garuda atas Kirgistan U-24 berkat gol pembukanya.

Setelah gol tersebut, permainan Timnas Indonesia jadi lebih cair. Bahkan, anak asuh Indra Sjafri itu kembali membuat kejutan berkat gol kedua yang dicetak Hugo Samir di penghujung babak kedua.

Dengan demikian, mampukah Ramai Rumakiek menunjukkan tajinya lebih lama lagi? Sebab di pertandingan berikutnya, skuad Garuda akan berjumpa dengan Timnas Taiwan U-24 dan diikuti dengan skuad Korea Utara U-24.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid