BRI Liga 1Timnas Indonesia

Gara-gara Klub Tolak Lepas Pemainnya ke Tim Nasional, Liga Indonesia Terancam Bakal Dievaluasi

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Secara terus-menerus Shin Tae-yong mendapatkan kritikan dari berbagi pelatih Liga Indonesia. Mereka tak sepakat dengan cara Shin memanggil pemainnya ke . Namun sebetulnya, hanya ini satu-satunya cara mengingat akan segera dilaksanakan. Atas hal itu, pemerintah pun angkat suara. Mereka mengancam akan melakukan evaluasi terhadap Liga Indonesia itu sendiri.

Sebagaimana diketahui, dijalankannya lagi Liga Indonesia setelah sekian lama tak lepas dari faktor Timnas Indonesia. Andaikata Timnas Indonesia tidak akan berlaga di Piala AFF, barangkali ajang sepak bola tertinggi di Indonesia ini tidak akan pernah mendapatkan persetujuan untuk dijalankan lagi.

Selain itu, pengaruh Shin Tae-yong juga sangat besar. Berulangkali Shin meminta kepada Menpora agar Liga Indonesia kembali dijalankan demi kepentingan Timnas Indonesia. Pada akhirnya, setelah melalui rapat yang cukup mendalam dari berbagai stekholder sepak bola Indonesia, diputuskanlah Liga Indonesia kembali berjalan dengan format barunya.

Baca Juga:  Prediksi Dewa vs Madura United Kamis 25 April 2024, Pekan ke-33 Liga 1 Indonesia

Namun sayang, jalannya liga bersamaan dengan persiapan skuad Garuda Indonesia jelang Piala AFF 2022. Maka daripada itu, para pemain yang meniti karir di kompetisi domestik harus dilepas ke tim nasional meski klub sangat membutuhkannya. Dengan panggilan tersebut, mereka (klub) harus tetap ikhlas. Karena kata pemerintah, tak ada yang lebih penting dari tim nasional. Bahkan diselenggarakannya lagi Liga Indonesia karena faktor dari tim nasional itu sendiri.

Sejauh ini, ada tiga pelatih Liga Indonesia yang terang-terangan mengaku kurang sreg dengan panggilan Timnas Indonesia itu. Mereka adalah pelatih Persija Thomas Doll, pelatih Persebaya Aji Santoso, dan pelatih PSM Bernando Tavares.

Pada akhirnya, pemerintah – dalam hal ini Menpora RI bersuara.

“Jadi, saya kira itu sudah kita jalankan dan salah satu tujuan digulirkan kompetisi ini untuk timnas. Saya minta kepada semua klub, karena waktu kita Rakor (Rapat Koordinasi) yang saya pimpin, klub itu punya komitmen untuk timnas,” terang orang nomor satu di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI itu.

Baca Juga:  Prediksi Persik vs PSS Sleman Rabu 24 April 2024, Pekan ke-33 Liga 1 Indonesia

“Kalau ada suara-suara yang mengeluhkan dan lain sebagainya, saya minta komitmennya mereka,” ujarnya menambahkan.

Dengan sedikit ancaman, Menpora akan menindak tegas para klub yang menghalangi Shin untuk memboyong pemainnya ke Timnas Indonesia. Bahkan ia meminta PSSI dan LIB untuk mengevaluasi liga tersebut.

“Saya sudah sampaikan kepada PSSI dan LIB, begitu mendapatkan keluhan dari para pelatih di klub-klub, saya ingatkan bahwa klub, PSSI, LIB, punya komitmen untuk timnas. Jadi, saya kira kalau nanti ada keluhan lagi yang muncul bahwa ini klub dirugikan segala macam, saya akan minta PSSI dan LIB untuk evaluasi itu,” tutupnya kemudian.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

31 Comments