Timnas Indonesia

Joko Widodo Sudah Tandatangani Dokumen Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick



NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi Rafael Struick dan Ivar Jenner tinggal selangkah lagi. Presiden RI Joko Widodo sudah menandatangani dokumen naturalisasi atas kedua nama pemain tersebut.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat ini, Timnas Indonesia U-20 akan diperkuat oleh dua pemain keturunan yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick. Kedua pemain tersebut bersedia untuk melanjutkan proses naturalisasi meskipun skuad Garuda muda gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Jadi, sejak tahun lalu, PSSI dan Kemenpora RI berencana untuk menaturalisasi tiga pemain keturunan demi meraih hasil maksimal dalam even Piala Dunia U-20 2023 yang awalnya direncanakan akan digelar di Indonesia. Jadi, pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023, Indonesia dijadwalkan akan menjadi tuan rumah untuk even sepak bola terbesar kedua di dunia itu.

Namun mirisnya, sekitar satu setengah bulan menjelang kick off Piala Dunia U-20, FIFA mencabut hak tersebut (tuan rumah) dari Indonesia. Alhasil, skuad Garuda muda yang sudah dipersiapkan selama bertahun-tahun itu gagal tampil di even ini. Secara kebetulan, proses naturalisasi kepada tiga pemain yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner ketika pembatalan tersebut belum terealisasi sepenuhnya.

Baca Juga:  Usai Tahan Imbang Arab Saudi, STY Minta Suporter Padati GBK untuk Laga kontra Australia

Dan ternyata, salah satu dari tiga pemain tersebut meminta sebuah persyaratan kepada PSSI agar proses naturalisasi-nya tetap dilanjutkan. Namun PSSI tidak sanggup memenuhi keinginan pihak sang pemain. Alhasil, pemain tersebut memutuskan untuk tidak melanjutkan proses naturalisasi. Pemain yang dimaksud adalah bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 Justin Hubner. Adapun dua pemain lainnya yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap bersedia untuk melanjutkan proses naturalisasi meskipun Timnas Indonesia tidak jadi tampil di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Baru-baru ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan perkembangan dari proses naturalisasi tersebut. Kata Erick, Presiden RI Joko Widodo sudah menandatangani dokumen naturalisasi Rafael Struick dan Ivar Jenner. Setelah ditandangani, proses selanjutnya yang akan dilalui adalah melakukan sumpah dan pembuatan pasport.

“Alhamdulillah tadi sudah ditanda tangani oleh bapak presiden jadi tinggal mengangkat sumpah dan paspor nanti,” kata Erick Thohir Sabtu (06/05) kemarin.

Baca Juga:  Peringkat Terbaru Timnas Indonesia usai Tahan Imbang Arab Saudi

Lebih lanjut, kata Erick lagi, proses naturalisasi tersebut merupakan komitmen yang sudah dipegangnya sejak awal memimpin PSSI.

“Proses naturalisasi sesuai komitmen kita satu demi satu terselesaikan,” ucap Erick menambahkan.

“Kemarin kita lakukan pada Shayne Pattynama yaitu yang posisinya bek kiri sudah. Saya ingin memastikan untuk Ivar Janner yang posisinya bisa di tengah dan Rafael yang posisinya di penyerang kiri itu juga,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Untuk diketahui, saat ini Ivar Jenner bermain untuk FC Utrecht di Keuken Kampioen Divisie atau Divisi Kedua Liga Belanda. Sedangkan Rafael Struick, ia membela ADO Den Haag di kompetisi yang sama dengan Ivar Jenner.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Joko Widodo Sudah Tandatangani Dokumen Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid