Timnas Indonesia

5 Pemain Andalan STY untuk Duel Udara di Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Di 2022, skuad Shin Tae-yong memang tidak akan bertemu dengan tim-tim yang diperkuat oleh pemain dengan postur tinggi layaknya pemain Eropa. Meski demikian, STY tetap membutuhkan pemain dengan postur tinggi untuk mengimbangi beberapa pemain lawan yang mengandalkan bola-bola atas.

Siapa saja pemain dengan postur tinggi di yang bisa diandalkan untuk bola-bola atas? Berikut daftarnya!

1. Elkan Baggott

Meski belum juga bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia, namun Baggott adalah pemain muda yang paling menjanjikan jika diukur dengan postur tubuh yang dimilikinya. Di Piala AFF edisi sebelumnya (2020), lewat sundulannya, Baggott mencetak gol ke gawang Timnas Malaysia di fase grup.

Gol tersebut begitu istimewa karena itu merupakan gol debutnya untuk Timnas Indonesia. Selain itu, gol tersebut terasa lengkap karena Indonesia menang telak atas sang rival 4-1.

Postur tubuh Baggott tidak hanya diandalkan oleh Timnas Indonesia. Di klubnya, Baggott telah mencetak 3 gol untuk Gillingham FC – dan seluruh gol tersebut dihasilkan lewat sundulan kepala. Tinggi Elkan Baggott sendiri mencapai 1,94 meter.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

2. Fachruddin Aryanto

Berlanjut ke posisi kedua, ada sosok bek senior Fachruddin Aryanto. Terakhir kali mencetak gol untuk Timnas Indonesia, Fachruddin mengemasnya lewat sundulan.

Saat itu, Fachruddin berhasil membelokkan bola ke arah gawang Timnas Curacao ketika menerima lemparan ke dalam dari bek sayap Timnas Indonesia Pratama Arhan.

Tinggi Fachruddin sendiri berada pada angka 1,85 meter.

3. Rachmat Irianto

Selain bisa diletakkan sebagai gelandang bertahan atau bek tengah, Rachmat Irianto ternyata cukup baik dalam hal bola-bola atas. Meski tinggi badannya tak mencapai 1,80 meter (tinggi badan Rachmat Irianto 1,75 meter), namun ia mampu membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain Indonesia yang layak diwaspadai dalam bola-bola atas.

Di Piala AFF 2020 lalu, Irianto mencetak dua gol sundulan dalam satu pertandingan ketika berjumpa dengan Timnas Kamboja. Menariknya, di Piala AFF 2022 ini, Kamboja akan menjadi lawan perdana Timnas Indonesia. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada tanggal 23 Desember mendatang.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

4. Jordi Amat

Meski belum membuktikan dirinya bersama Timnas Indonesia, namun pengalaman Amat selama berkarir di daratan Eropa sudah cukup membuat kita yakin bahwa sang pemain memiliki skill di atas rata-rata. Apalagi ia berposisi sebagai seorang bek yang memang dituntut untuk pandai membaca bola-bola atas.

Tinggi Jordi Amat sendiri hampir sama dengan Fachruddin Aryanto. Bek Johor Darul Takzim ini berpostur 1,84 meter.

5. Ilija Spasojevic

Di nama terakhir ada sosok striker gaek naturalisasi Ilija Spasojevic. Musim ini, ia sudah mencetak total tujuh gol di ajang . Menariknya, dua gol yang ia cetak berasal dari sundulan.

Dengan demikian, striker kelahiran Montenegro berpostur 1,84 meter ini bisa jadi senjata berbahaya Shin Tae-yong di lini depan Timnas Indonesia nanti.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

31 Comments