Timnas Indonesia

STY Bahagia Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia: Tuhan Tahu Setiap Usaha Kita

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong tak bisa menutup rasa bahagia pasca dipastikannya skuad Garuda lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu menyebut kata “Tuhan” di balik kelolosan timnya itu.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia pada malam hari tadi dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Akan tetapi, kelolosan tersebut diraih bukan dari hasil pertandingan yang dimainkannya. Melainkan kelolosan itu didapatkan setelah keluarnya hasil dari pertandingan lain yang menguntungkan Indonesia.

Ya, sepanjang fase grup Piala Asia 2023 grup D ini, skuad Garuda hanya mampu mengumpulkan tiga poin saja. Tiga poin tersebut didapatkan dari satu kemenangan atas Timnas Vietnam. Saat itu, kemenangan skuad Garuda dicapai setelah gol tunggal Asnawi Mangkualam Bahar lewat titik putih bertahan hingga akhir.

Sementara itu, dari dua laga lainnya, Marc Anthony Klok dkk selalu menderita kelalahan. Di matchday pertama, Timnas Indonesia dikalahkan oleh Timnas Irak dengan skor akhir 3-1. Satu gol kala itu dicetak oleh pemain abroad KMSK Deinze Marselino Ferdinan. Adapun di pertandingan terakhirnya atau matchday ketiga, skuad Garuda dikalahkan oleh Timnas Jepang dengan skor yang sama 3-1. Satu gol di penghujung laga yang dibuat oleh Sandy Walsh tak mampu menyelematkan Timnas Indonesia dari kekalahan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Dengan demikian, total, Timnas Indonesia hanya mendapatkan tiga poin dari tiga pertandingan tersebut. Mereka juga dipastikan menempati peringkat ketiga klasemen akhir grup D. Posisi ini sejatinya sangat bahaya karena Timnas Indonesia terancam gagal lolos ke babak 16 besar. Akan tetapi, dari pertandingan yang dimainkan oleh tim lain semalam, skuad Garuda justru dinyatakan lolos ke fase knock-out. Kenapa?

STY Bahagia Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia: Tuhan Tahu Setiap Usaha Kita
Para pemain Timnas Indonesia berselebrasi usai cetak gol ke gawang Vietnam (sumber: ig @timnas.indonesia)

Jadi, di Piala Asia 2023 ini, sebanyak 16 tim dinyatakan lolos ke fase knock-out. 12 dari 16 tim tersebut berasal dari juara dan runner-up grup. Untuk Piala Asia 2023 ini, dua perwakilan dari setiap grup (enam grup) dinyatakan lolos lewat fase tersebut. Lalu, dari mana empat tim lainnya yang dinyatakan lolos ke fase knock-out itu?

Empat tim yang juga dinyatakan lolos ke babak 16 besar berasal dari peringkat tiga terbaik. Jadi, dari enam grup tersebut, hanya empat tim peringkat tiga yang berhak melaju ke fase (16 besar ) itu. Dan beruntungnya, Timnas Indonesia masuk dalam kategori tersebut. Kepastian itu didapatkan karena pada pertandingan semalam Kirgistan sukses menahan Oman 1-1.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dengan ditahannya Oman, maka kedua tim terpaksa berbagi poin sama. Total, Oman mengakhiri posisinya di peringkat 3 klasemen akhir grup F dengan dua poin. Sedangkan Kirgistan hanya dengan satu poin saja. Oleh karena itu, Oman yang menempati posisi ketiga dipastikan kalah poin dibanding Timnas Indonesia yang sudah mendapatkan poin lebih banyak. Atas dasar itulah, skuad Garuda dinyatakan lolos ke babak 16 besar.

Pasca dipastikannya Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar, Shin Tae-yong mengaku begitu bahagia. Pria asal Korea Selatan itu menyebut kata “Tuhan” di balik keberhasilan tersebut.

“Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan),” kata Shin dilansir dari laman resmi PSSI.

“Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *