Timnas Indonesia

Sukses Bawa Almere City Promosi ke Eredivisie, Ilias Alhaft Blak-blakan Ingin Bela Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Usai membawa timnya Almere City promosi ke Eredivisie, pemain keturunan Ilias Alhaft blak-blakan mengaku ingin membela .

Sebagaimana diketahui, di divisi kedua sepakbola Belanda musim lalu, Almere City telah memastikan dirinya sebagai salah satu tim yang mendapatkan jatah promosi ke kasta tertinggi (Eredivisie).

Menariknya, dalam skuad Almere City tersebut, terdapat salah satu pemain keturunan Indonesia bernama Ilias Alhaft. Ilias Alhaft menjadi salah satu pesepakbola dunia yang memiliki garis keturunan Indonesia dalam darahnya. Bahkan, sudah banyak sekali pemain keturunan yang melakukan pengalihan kewarganegaraan untuk membela Timnas Indonesia. Sebut saja seperti Stefano Lilipaly, Marc Anthony Klok, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan yang paling baru adalah Ivar Jenner serta Rafael Struick.

Kebanyakan, para pemain keturunan tersebut menetap di Belanda. Hal ini dikarenakan sejarah masa lalu antara kedua negara (Indonesia dan Belanda). Belanda diketahui pernah menjajah Indonesia sehingga perkawinan beda negara ini jamak terjadi di masa lalu.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

Oleh sebab itu, dari hasil perkawinan tersebut, lahirlah mereka yang biasa disebut half blood atau orang yang memiliki setengah garis keturunan Indonesia dalam darahnya. Namun dikarenakan saat ini sudah menginjak generasi ketiga dari masa perkawinan pertama itu, rata-rata saat ini pesepakbola keturunan tersebut hanya memiliki 1/4 darah Indonesia. Meskipun demikian, mereka tetap berhak untuk bermain dengan Timnas Indonesia namun dengan persyaratan wajib yaitu mengikuti proses naturalisasi terlebih dahulu.

Untuk mengikuti proses naturalisasi pun tidak gampang. Mereka harus mengajukan diri, diverifikasi, kemudian mengikuti berbagai sidang yang puncaknya adalah mengikuti sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM.

Baru-baru ini, salah satu pemain Almere City Ilias Alhaft mengungkapkan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia. Hal itu ia sampaikan begitu membawa timnya promosi ke divisi tertinggi Liga Belanda (Eredivisie). Menariknya, dalam perayaan Almere City usai dipastikan promosi ke Eredivisie beberapa waktu lalu itu, Ilias Alhaft membawa bendera merah putih.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

“Aku membawa bendera Indonesia karena itu bagian dari diriku, jadi karena aku bangga juga sebagai orang Indonesia,” kata Ilias Alhaft.

“Aku tidak melakukan itu karena ingin dilihat atau diperhatikan semua orang. Aku hanya ingin melakukan itu untuk diriku sendiri,” tambah eks pemain Sparta Rotterdam itu.

“Tapi, kalau itu tanda buat aku memperlihatkan bahwa aku terbuka untuk Timnas Indonesia, tentu aku terbuka untuk membela Timnas Indonesia.”

“Tapi pertanyaannya, apakah mereka menginginkan aku juga? Tapi, yang terpenting buat aku sekarang adalah aku harus cari klub yang bagus untuk aku. Aku ingin menjadi lebih daik dan bermain lebih banyak. Setelah itu, nanti lihat apa saja yang akan datang untukku,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment