Timnas Indonesia

Skuad Garuda Akan Lakukan Konvoi Perayaan Juara SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda direncanakan akan melakukan konvoi sebagai bagian dari perayaan pasca menjadi juara di even SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, pada Selasa malam (16/05) kemarin, skuad Garuda memenangkan laga final pada ajang SEA Games 2023. Laga tersebut berlangsung di Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja melawan Timnas Thailand U-22. Di laga ini, skuad Garuda menang dengan skor akhir 5-2.

Di laga tersebut, pertandingan berjalan begitu keras. Air mata rasa lelah sekaligus rasa emosi bercampur menjadi satu. Ya, bagaimana tidak, di SEA Games 2023 ini, skuad Garuda akhirnya melepas dahaga juara untuk pertama kalinya setelah 32 tahun lamanya tak pernah merasakannya. Terakhir kali skuad Garuda memenangkan gelar juara SEA Games adalah pada tahun 1991 di Manila Filipina. Menariknya, tim yang dikalahkannya saat itu adalah Timnas Thailand – yang di mana merupakan lawannya untuk kali ini. Dan kini, Thailand kembali dikalahkan di partai final dengan skor meyakinkan 5-2.

Adapun lima gol U-22 yang dicetak di laga ini berasal dari Ramadhan Sananta (2 kali) serta masing-masing gol dari Irfan Jauhari, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra. Dan untuk diketahui pula, perjuangan untuk mencapai gelar ini tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, kericuhan sempat pecah beberapa kali hingga akhirnya trofi itu pulang ke tanah air.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Hal yang tak boleh dilupakan adalah bagaimana perjuangan mereka sebelum mencapai babak final. Sejak fase grup, skuad Garuda berjuang dengan serius. Dan untungnya, selama menjalani fase grup tersebut, anak asuh Indra Sjafri itu selalu mendapatkan kemudahan. Marselino Ferdinan dkk selalu menyapu bersih seluruh laga dengan hasil maksimal. Di laga melawan Timnas Filipina U-22, skuad Garuda menang telak 3-0. Berlanjut di laga kedua kontra Timnas Myanmar U-22, Marselino Ferdinan dkk mengamuk dengan menciptakan lima gol tanpa balas.

Sementara di laga ketiga kontra Timnas Timor-Leste U-22, Timnas Indonesia U-22 kembali mencatatkan kemenangan 3-0. Dan di laga pamungkas melawan Timnas Kamboja U-22 di fase grup, Pratama Arhan dkk menang meyakinkan 2-1.

Perjuangan semakin sulit begitu masuk ke babak semifinal. Melawan Timnas Vietnam U-22, Timnas Indonesia U-22 hampir menelan kekalahan. Namun beruntungnya, dengan semangat juang yang tinggi, mereka berhasil membalikkan keadaan di menit-menit akhir.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Perjuangan terakhir di babak final tak kalah pelik. Namun pada akhirnya mereka berhasil membuktikan diri. Juara untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah SEA Games digelar akhirnya pulang ke bumi pertiwi.

Sebagai bentuk perayaan usai meraih gelar tersebut, Exco PSSI Arya Sinulingga berencana untuk menyambut rombongan Timnas Indonesia U-22 begitu tiba di tanah air.

“Kita PSSI akan menyambut, memberikan support kepada pemain, ofisial, dan seluruh tim yang sudah membawa emas, juara di SEA Games setelah 32 tahun,” kata Arya Sinulingga Rabu malam kemarin.

Tidak hanya penyambutan saja, PSSI juga akan membuat arak-arakan pada hari Jumat mulai pukul 8 pagi dan dimulai dari Monas.

“Jadi kita rencananya akan membuat arak-arakan konvoi pada hari Jumat jam 8 pagi. Mulainya dari Monas,” ujarnya menambahkan.

“Kami sudah mengajukan surat ke kepolisian. Semoga kita bisa bikin [arak-arakan], mensupport terhadap para pemain, ofisial, tetapi juga dilakukan dengan tertib.”

“[Rutenya] mulai dari Monas, Patung Kuda, kemudian kita ke Bundaran HI, ke Sudirman, masuk ke GBK dan kita tutup di GBK. Sekalian yang mau Jumatan, bisa Jumatan,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid