Timnas Indonesia

PSSI Pastikan FIFA Matchday September Tetap Jalan Meski Ada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024



NOBARTV NEWS – Pada bulan September mendatang, akan memainkan laga bertajuk FIFA Matchday seperti dua periode sebelumnya (Maret dan Juni). Di saat yang berdekatan, skuad Timnas U-23 juga akan turun di Kualifikasi 2024. Meskipun demikian, PSSI menyebut kedua ajang tersebut akan tetap berjalan bersama-sama.

Seperti yang diketahui, dalam dua periode FIFA Matchday sebelumnya, PSSI sukses mendatangkan tiga tim berbeda. Pada FIFA Matchday Maret lalu, PSSI mendaratkan tim asal Afrika Burundi. Laga melawan Burundi tersebut dimainkan sebanyak dua kali.

Dalam pertandingan pertamanya, anak asuh Shin Tae-yong menang telak atas sang lawan dengan skor akhir 3-1. Adapun di laga keduanya, skuad Garuda ditahan imbang sang tamu 2-2.

Beberapa bulan sesudah laga melawan Burundi, Marc Anthony Klok dkk kembali turun di ajang serupa. Saat itu, skuad Garuda kembali bermain di FIFA Matchday Juni 2023. Untuk bulan tersebut, PSSI membuat kejutan dengan mendatangkan juara Argentina. Selain melawan Argentina, skuad Timnas Indonesia juga berhadapan dengan Timnas Palestina.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Laga versus Palestina tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada tanggal 14 Juni kemarin. Di laga ini, kedua tim bermain sama kuat 0-0. Sedangkan di laga melawan Timnas Argentina, anak asuh Shin Tae-yong itu dikalahkan oleh sang lawan dengan skor akhir 0-2. Laga melawan Argentina sendiri dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta 19 Juni 2023.

Pasca dua laga FIFA Matchday di bulan Juni tersebut, Jordi Amat cs akan kembali bermain di ajang serupa pada bulan September mendatang. Dan ternyata, pada bulan September tersebut, di Indonesia akan dimainkan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Laga Kualifikasi Piala Asia U-23 tersebut akan tersaji di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah. Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam grup K bersama Timnas Turkmenistan dan Timnas China Taipei di babak kualifikasi nanti.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Menanggapi benturannya jadwal pertandingan antara Timnas Indonesia senior dan U-23, Ketua Umum PSSI Erick Thohir akhirnya angkat suara. Erick memastikan kedua even tersebut akan tetap berjalan bersama-sama. Jadi, laga FIFA Matchday bulan September tidak akan batal walaupun terdapat even lainnya seperti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 tersebut.

“FIFA Matchday itu kalender yang diberikan FIFA untuk bertanding. Tapi dalam FIFA Matchday itu boleh ada turnamen, contoh Kualifikasi AFC U-23,” kata Erick Thohir Kamis (06/07) kemarin.

“Jadi nanti di AFC U-23 September ada dua pertandingan, tanggal 9 dan 12. Tetapi karena ada FIFA Matchday, mumpung ada hari kosong bisa diisi timnas senior untuk uji coba,” paparnya lagi.

“Kan suruh cari poin, ini yang kita lakukan. jangan sampai ada kesempatan kita tidak melakukan FIFA matchday karena harus cari poin,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment