Timnas Indonesia

Raport Pemain ASEAN di J2 League Musim 2022-2023: Pratama Arhan Main 1 Kali, Hong Quan Vu Absen Sepanjang Musim!



NOBARTV NEWS – Pratama Arhan tidak menjadi satu-satunya pemain Asia Tenggara yang merumput di kasta kedua . Setidaknya, terdapat enam pemain Asia Tenggara yang bermain di liga yang dikenal dengan sebutan J2 League itu. Mengingat kompetisi J2 League musim 2022-2023 sudah berakhir, bagaimana dengan rekam jejak mereka? Berikut ulasannya!

1. Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Nama Tokyo Verdy melambung ketika tim tersebut merekrut bek sayap Pratama Arhan. Arhan dikontrak oleh Verdy dari klub Indonesia PSIS Semarang. Saat itu, Verdy mendapatkan Arhan dengan cuma-cuma alias gratis. Tanpa sepeserpun, Verdy sukses membawa pemain muda terbaik di 2020 itu ke Ajinomoto Stadium.

Sayang, sejak kehadirannya di Verdy, Arhan hanya memainkan pertandingan sebanyak 1 kali. Itupun hanya separuh babak pertama saja. Ia lebih banyak bermain dalam laga uji coba atau terkadang digunakan klub sebagai bahan promosi saja.

Di musim 2022-2023, Tokyo Verdy bertengger di peringkat 9 J2 League dengan torehan 61 poin dari 16 kali menang, 13 imbang, dan 13 kali menelan kekalahan. Kontrak Arhan bersama klub ini akan berakhir pada 31 Januari 2024.

2. Jefferson David Tabinas (Mito HollyHock)

Bek tengah Timnas Filipina Jefferson David Tabinas merupakan pemain belakang Mito HollyHock yang cukup sering diandalkan di musim lalu. Di sepanjang J2 League musim 2022-2023, Jefferson telah tampil sebanyak 23 kali. Bek tengah kelahiran 7 Agustus 1998 ini juga telah mengemas 1 gol.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Meski berkebangsaan Filipina, namun karir sepakbola Jefferson seluruhnya ia habiskan di Jepang. Jefferson bahkan pernah membela tim-tim besar Jepang seperti Kawasaki Frontaile dan Gamba Osaka. Bersama Jefferson David Tabinas, Mito HollyHock finis di posisi 13 klasemen akhir J2 League musim 2022-2023.

3. Paul Bismarck Tabinas (Iwate Grulla Morioka)

Adik dari Jefferson David Tabinas ini juga merupakan pemain J2 League asal Filipina. Sama seperti sang kakak, Paul juga membela klub kasta kedua Liga Jepang. Hanya saja, ia dan sang kakak tidak membela klub yang sama.

Paul tercatat sebagai bek sayap kanan untuk klub Iwata Grulla Morioka. Di musim 2022-2023 kemarin, Paul mencatatkan 26 penampilan serta sukses mengemas 1 gol dan 1 assist. Namun sayang, Paul telah mendapatkan 8 kartu kuning di musim lalu. Klub Paul, Iwata Grulla Morioka terdampar di papan bawah klasemen akhir J2 League musim 2022-2023.

4. Van Luan Pham (FC Ryukyu)

Pada awal tahun 2022, klub Jepang FC Ryukyu meminjam Van Luan Pham dari klub Vietnam Sai Gon FC. Sayang, di klub tersebut, Van Luan Pham hanya mencatatkan satu penampilan di ajang Liga 2 Jepang.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Saat itu, Van Luan Pham tampil ketika klubnya bermain melawan V-V. Nagasaki. Di pertandingan tersebut, Luan Pham hanya tampil selama 23 menit.

5. Hong Quan Vu (FC Ryukyu)

Sama seperti rekan senegaranya, Hong Quan Vu juga tampil membela FC Ryukyu dengan status pinjaman dari Sai Gon FC. Namun nasib Hong Quan Vu jauh lebih miris lagi. Selama masa peminjaman, gelandang tengah 23 tahun ini tidak pernah tampil sama sekali.

Kini, ia telah kembali ke klub lamanya di Vietnam yaitu Sai Gon FC.

6. Sittichok Paso (FC Ryukyu)

Pemain Asia Tenggara asal Thailand Sittichok Paso juga membela klub Jepang FC Ryukyu dengan status pinjaman dari Chonburi FC. Namun masa peminjaman Sittichok Paso masih berjalan hingga tahun depan tepatnya 31 Januari 2023.

Striker muda Timnas Thailand U-23 ini telah tampil di satu pertandingan J2 League musim lalu. Satu-satunya pertandingan yang ia mainkan adalah ketika timnya bermain melawan Omiya Ardija. Mirisnya, ia diturunkan di penghujung babak kedua alias hanya bermain selama 1 menit saja.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments