Timnas Indonesia

Timnas Indonesia tanpa Pemain Bali United, Teco: Tanya ke Shin Tae-yong!



NOBARTV NEWS – Pelatih Bali United Stefano Cugurra angkat suara karena tak satupun pemainnya yang dipanggil untuk 2026 zona Asia.

Seperti yang diketahui, pada bulan Oktober ini, skuad Garuda Indonesia akan kembali beraksi di salah satu ajang penting. Ajang penting yang dimaksud adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama.

Ya, di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, skuad asuhan Shin Tae-yong itu akan memulainya lewat ronde pertama terlebih dahulu. Di ronde pertama tersebut Marc Anthony Klok dkk akan berjumpa dengan tim sesama Asia Tenggara yakni Brunei Darussalam.

Laga melawan Brunei akan dimainkan sebanyak dua kali alias dua leg. Leg pertama akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 12 Oktober dan leg kedua di markas Brunei yakni Stadion Hasanal Bolkiah pada 17 Oktober 2023.

Untuk dua laga ini, Shin Tae-yong telah memanggil 26 pemain untuk bergabung. 8 di antara 26 pemain tersebut merupakan punggawa abroad seperti Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Rafael Struick, Marselino Ferdinan, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam Bahar, Shayne Pattynama, dan Pratama Arhan.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Dengan demikian, sisanya atau 18 pemain lainnya merupakan punggawa lokal alias yang bermain di Liga 1. Dalam daftar 18 nama tersebut, Persib menjadi klub yang menyumbang paling banyak pemainnya ke Timnas Indonesia. Diketahui, klub berjuluk Maung Bandung itu melepas tiga pemainnya. Mereka adalah Marc Anthony Klok, Rachmat Irianto, dan Edo Febriansyah.

Di posisi kedua Persija Jakarta, Persikabo 1973, dan Dewa United menjadi klub penyumbang terbanyak dengan melepas masing-masing dua pemain. Persija melepas Rizky Ridho dan Witan Sulaeman sedangkan Dewa melepas Egy Maulana Vikri dan Ricky Kambuaya. Adapun Persikabo resmi melepas Syahrul Trisna serta Dimas Drajad.

Sedangkan sisanya rata-rata melepas satu pemain saja. Sebut saja seperti PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, hingga PSM Makassar.

Namun menariknya, dari banyaknya klub-klub besar di Liga 1 yang menyumbang pemainnya itu, Bali United menjadi satu-satunya klub yang pemainnya tak mendapat panggilan. Padahal, Bali terhitung sebagai klub besar dan modern di Indonesia saat ini. Melihat tak satupun pemain Bali United yang dipanggil mirip seperti melihat tak ada pemain Barcelona yang bergabung dengan Timnas Spanyol.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Atas hal tersebut, pelatih Bali United Stefano Cugurra angkat suara. Ketika awak media menanyainya terkait itu, pria yang biasa disapa Coach Teco ini justru meminta awak media untuk bertanya kepada Shin Tae-yong.

“Ya, soal Timnas, Anda harus tanya ke pelatihnya,” jawab Teco.

“Saya hanya bisa berkomentar, Irfan Jaya pada musim lalu ada di Timnas, kemudian dia cedera lama,” tambah pelatih berkebangsaan Brasil ini.

“Sekarang dari putaran kedua liga musim lalu, dia sudah sembuh total dan sudah main bagus lagi,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid