Timnas Indonesia

STY Sosok Tepat Tangani Garuda Asia Andai Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17



NOBARTV NEWS – Beberapa rumor menyebutkan Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk 2023. Andai hal itu benar-benar terjadi, Shin Tae-yong disebut sebagai sosok yang pas untuk menukangi skuad Garuda Asia.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Indonesia dinyatakan batal menjadi tuan rumah 2023. Pembatalan tersebut dipublikasikan oleh FIFA lewat laman resminya. Padahal, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI sudah melakukan pertemuan dengan FIFA agar Indonesia dinyatakan tetap sebagai tuan rumah. Sayang, lobi yang dilakukan Erick tak berarti.

Kini, fokus pemerintah RI dan khususnya PSSI adalah bagaimana cara agar sepak bola tanah air tidak dikenai sanksi berat dari FIFA. FIFA dalam pembatalan Piala Dunia U-20 kemarin sempat menyinggung terkait sanksi yang akan diberikan kepada Indonesia khususnya PSSI. Oleh karenanya, beberapa hari lalu, Erick kembali terbang ke Eropa untuk bertemu dengan FIFA.

Pertemuan Erick tersebut disebut sebagai langkah PSSI agar FIFA tidak memberikan sanksi berat kepada Indonesia. Bisa juga diartikan sebagai Erick tengah melobi FIFA untuk kedua kalinya dalam waktu berdekatan dengan tujuan yang berbeda. Selain itu, Erick juga membawa blue print transformasi sepak bola Indonesia kepada FIFA. Blue print tersebut dibawa dengan tujuan FIFA mempertimbangkan untuk tidak memberikan sanksi berat kepada sepak tanah air.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Akan tetapi, tak sedikit pula yang mengatakan kalau kedatangan Erick ke markas FIFA untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Berhubung Peru juga batal jadi tuan rumah karena faktor infrastruktur – serta Indonesia memiliki sarana dan prasarana yang tak dimiliki oleh negara asal Amerika Latin itu, maka PSSI disebut-sebut ingin menggantikan posisi mereka. Sebab segala sesuatu yang sudah dibangun sebagai persiapan Piala Dunia U-20 kemarin akan sia-sia jika tak digunakan.

Meski Exco PSSI Arya Sinulingga membantah kalau pertemuan Erick adalah sebagai upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Akan tetapi, jika itu benar-benar terjadi, maka tak ada salahnya jika Shin Tae-yong dipilih untuk menangani skuad Garuda Asia ( U-17).

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat sepak bola tanah air Mohamad Kusnani. Menurut pria yang biasa disapa Bung Kus itu, skuad Garuda Asia butuh ditangani oleh pelatih berkualitas seperti Shin Tae-Yong.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Seandainya Indonesia tampil di Piala Dunia U-17, saya berharap Timnas tetap ditangani STY. Kita butuh pelatih berpengalaman untuk bermain di event sebesar Piala Dunia, apapun kelompok usianya,” kata Bung Kus.

Bung Kus menegaskan bahwa ia memilih STY bukan karena dirinya tidak percaya dengan pelatih lokal. Namun harus diakui bahwa pelatih Indonesia saat ini tidak memiliki pengalaman untuk menangani tim untuk bermain di even sekelas Piala Dunia.

“Bukan tidak percaya pelatih lokal. Masalahnya pelatih lokal kita saat ini tidak punya pengalaman memimpin tim bermain di Piala Dunia,” ujarnya menambahkan.

Lebih khusus, Bung Kus menyebut tidak mesti STY. Asalkan ia berpengalaman ketika memimpin tim kelompok umur, maka ia pantas untuk memimpin Timnas Indonesia di even Piala Dunia U-17 tersebut.

“Bisa saja pelatih asing selain STY. Syaratnya harus berpengalaman memimpin tim kelompok usia main di Piala Dunia, entah itu U-17 atau U-20,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments