BRI Liga 1

Lengkap! Berikut Daftar Pemain Asia Tenggara di Liga 1 Musim 2023-2024

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kuota pemain Asia Tenggara benar-benar dimanfaatkan oleh klub-klub Liga 1 untuk merekrut pemain asal negara tetangga. Bahkan, terdapat satu klub yang merekrut dua pemain asal ASEAN sekaligus.

Seperti yang diketahui, Liga 1 musim 2023-2024 sudah resmi ditutup pada 20 Juli kemarin. Sebelumnya, sekadar diketahui, PT LIB dan PSSI memperbolehkan setiap tim untuk merekrut pemain sebanyak enam orang.

Untuk enam pemain tersebut, satu wajib berasal dari Asia Tenggara – dan sisanya bebas. Untuk wilayah Asia Tenggara ini, beberapa klub mendatangkan pemain bintang negara tetangga.

Ada alasan khusus mengapa PSSI dan PT LIB membuat peraturan seperti ini. Dengan hadirnya para pemain asal ASEAN, maka nilai Liga 1 akan lebih baik. Selain itu, PSSI berharap dengan regulasi tersebut, maka publik sepakbola Asia Tenggara ikut memantau kompetisi domestik di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali pada awal Juni lalu.

“Nah, itu juga kenapa sekarang ini dari pemain, satu diwajibkan dari Asia Tenggara. Tujuannya, supaya masyarakat Asia Tenggara bisa menonton kompetisi kita,” kata Zainudin Amali.

“Jadi, bagi yang mendapatkan hak siar semakin bagus karena siarannya sampai di Asia Tenggara,” pungkas eks Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut kehadiran para pemain ASEAN di Liga 1 merupakan salah satu bentuk terobosan dari PSSI agar kompetisi ini jadi yang terbaik di Asia Tenggara. Selain kuota pemain Asia Tenggara, PSSI sebelumnya juga membuat beberapa pembaharuan dan terobosan lainnya. Terobosan tersebut seperti pengadaan VAR di tengah kompetisi Liga 1, kerjasama dengan JFA (Federasi Sepakbola Jepang) dan DFB (Federasi Sepakbola Jerman), seleksi wasit sebelum dimulainya liga, dan beberapa peraturan-peraturan lainnya.

“Apalagi sekarang kita punya standar sesuai aturan AFC 5+1. Tapi khususnya tahun ini, kalau mau jadi liga nomor satu di Asean, ya kita present pemain Asean terbaik yang main di Liga Indonesia,” kata Erick Thohir beberapa waktu lalu.

“Saya berharap tentu keseriusan ini sama-sama dibangun untuk gapai mimpi lebih tinggi,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Lalu, siapa saja pemain Asia Tenggara yang direkrut oleh klub Liga 1 musim 2023-2024 mendatang? Berikut daftarnya!

  1. Anthony Pinthus (PSS Sleman/Filipina-Swiss)

  2. Julian Schwarzer (Arema FC/Filipina-Australia)

  3. Kike Linares (PSM Makassar/Filipina-Spanyol)

  4. Christian Rontini (Persita Tangerang/Filipina-Italia)

  5. Carli de Murga (Barito Putera/Filipina-Spanyol)

  6. Diego Bardanca (Persis Solo/Filipina-Spanyol)

  7. Daisuke Sato (Persib Bandung/Filipina)

  8. Simen Lyngbo (Persik Kediri/Filipina-Norwegia)

  9. Oliver Bias (Persija/Filipina-Jerman)

  10. Dylan de Bruycker (Bhayangkara FC/Filipina-Belgia)

  11. Mike Ott (Barito Putera/Filipina-Jerman)

  12. Kainoa Bailey (Persikabo 1973/Filipina-Amerika Serikat)

  13. Kenshiro Daniels (RANS Nusantara FC/Filipina-Inggris)

  14. Paulo Gali Freitas (PSIS Semarang/Timor Leste)

  15. Win Naing Tun (Borneo FC/Myanmar)

  16. Song Ui-Young (Persebaya/Singapura)

  17. Junior Eldstal (Dewa United/Malaysia)

  18. Jacob William Mahler (Madura United/Singapura)

  19. Elias Dolah (Bali United/Thailand)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment