Timnas Indonesia

Update Progres Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On: Sedang Proses di DPR!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi pemain keturunan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah berada di meja DPR RI.

Sebagaimana diketahui, saat ini PSSI bersinergi dengan Kemenpora (Kementrian Pemuda dan Olahraga) tengah melakukan proses naturalisasi terhadap dua pemain keturunan. Dua pemain yang dimaksud adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Sebelumnya, Jay Idzes beserta keluarganya datang ke Indonesia. Saat itu, Jay disambut secara langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Usut punya usut, kedatangan Jay saat itu ternyata dalam proses pembicaraan mengenai peluang sang pemain untuk membela . Kabar baiknya, gelandang klub Serie-B Venezia itu sepakat untuk melakukan proses naturalisasi.

Tak berselang lama, giliran bek Swansea City Nathan Tjoe-A-On yang hadir di Indonesia. Kali ini, Nathan duduk bersama Erick Thohir di tribun VIP ketika Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Brunei Darussalam. Hal yang mengejutkan lagi adalah Nathan saat itu diberikan kesempatan untuk berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo. Kebetulan, Jokowi juga sedang menyaksikan laga bertajuk leg pertama 2026 zona Asia ronde pertama itu. Kabar baiknya lagi, Nathan saat itu sepakat untuk melakukan proses naturalisasi.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Sekadar diketahui, proses naturalisasi yang dijalankan kedua pemain keturunan ini merupakan permintaan dari Shin Tae-yong. Setelah melihat CV para pemain keturunan di luar negeri, Shin kepincut untuk melakukan proses naturalisasi kepada kedua pemain itu. Setelah itu, Shin menyodorkan nama keduanya (kepada PSSI) dan kemudian PSSI lah yang mengontak mereka terkait rencana (naturalisasi) tersebut.

Update Progres Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On: Sedang Proses di DPR!
Erick Thohir dan Jay Idzes

Hal yang menggembirakan adalah – ternyata, meskipun kedatangan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On tidak sama, namun proses naturalisasi keduanya ternyata beriringan. Saat ini, berkas kedua pemain keturunan tersebut sudah berada di meja DPR RI. Hal itu disampaikan oleh Menpora RI Dito Ariotedjo. Kata Dito, proses naturalisasi Jay dan Nathan memang sengaja dikebut.

“Sedang proses di DPR. Setelah masa sidang dimulai, kami kebut lag,” kata Dito Ariotedjo.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Tak jauh dari Dito berada, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pihaknya saat ini sedang bekerja keras untuk melakukan proses itu. Sebab diharapkan, Nathan dan Jay sudah bisa tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 tahun depan sehingga pihaknya bekerja keras untuk mempercepat rampungnya proses naturalisasi itu.

“Saya dan Menpora sedang bekerja keras,” jelas Erick.

“Semoga Maret bisa selesai,” tambah Erick.

“Kalau November selesai, cium tangan Menpora,” pungkas eks Presiden Inter Milan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid