Timnas Indonesia

Termasuk untuk Skuad Timnas U-22, Menkeu Gelontorkan Ratusan Miliar bagi Atlet Peraih Medali SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menggelontorkan ratusan juta miliar untuk atlet peraih medali di SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, pada Rabu 17 Mei kemarin, SEA Games 2023 Kamboja resmi ditutup. Di tabel perolehan akhir untuk even ini, Indonesia berhasil finis di posisi ketiga di bawah Thailand dan Vietnam. Kontingen Indonesia mempersembahkan 87 emas, 81 perak, dan 109 perunggu. Hasil tersebut juga mengungguli tuan rumah Kamboja yang berada tepat di bawahnya dengan raihan 81 emas, 74 perak, 126 perunggu. Indonesia juga jauh melangkahi dua negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia.

Perolehan medali yang didapatkan kontingen Indonesia ini melebihi dari target yang diberikan. Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah memberikan target 69 medali emas untuk Indonesia. Namun hingga akhir pelaksanaan SEA Games 2023, Indonesia sukses mendulang 87 emas. Salah satu penyumbang medali emas tersebut adalah skuad U-22 yang tergabung dalam cabor (cabang olahraga) sepak bola putra.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Di partai final SEA Games 2023 melawan Timnas Thailand U-22, skuad Garuda berhasil mengalahkan anak asuh Issara Sritaro dengan skor telak 2-5. Lima gol tersebut digelontorkan oleh Ramadhan Sananta (2 kali) serta masing-masing satu gol dari kaki Irfan Jauhari, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra.

Kemenangan di partai final SEA Games cabor sepakbola putra menjadi yang pertama dalam kurun waktu 32 tahun. Terakhir kali Timnas Indonesia U-22 keluar sebagai juara untuk cabor yang paling digemari ini adalah pada tahun 1991. Hingga akhirnya, sebagai bentuk perayaannya, pada Jumat pagi (19/05) kemarin, skuad Garuda dan juga atlet cabor lainnya melakukan konvoi dari Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ke arah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Dan kabar baiknya, sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada para atlet, pelatih, serta staf dari kontingen Indonesia di SEA Games ini, Kementrian Keuangan sudah menyiapkan ratusan miliar pada mereka. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam laman media sosial instagramnya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“APBN #UangKita pun mendukung penuh kontingen Indonesia pada perhelatan SEA Games kali ini,” tulis Sri Mulyani.

“Performa tim Indonesia di SEA Games ke-32 kali ini sangat membanggakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, dalam tulisan yang diunggahnya itu, ia juga ikut dibuat speechless dengan perjuangan Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2023.

“Drama yang berlanjut hingga babak tambahan tersebut berbuah manis bagi Indonesia – kemenangan 5-2 mengantarkan kita kepada medali emas SEA Games setelah penantian 32 tahun lamanya,” ujarnya memungkasi.

Adapun terkait dana apresiasi pemerintah tersebut, Menkeu menjelaskan dana tersebut terdiri menjadi tiga bagian. Dan khusus untuk atlet berprestasi di SEA Games 2023, Kemenkeu menggelontorkan dana senilai 275 miliar rupiah.

  1. Rp522 M untuk pembinaan atlet-atlet sebelum berlaga di multi-event internasional.

  2. Rp55,2 M untuk bantuan pengiriman kontingen menuju Kamboja.

  3. Rp275 M untuk pemberian bonus bagi peraih medali (atlet/pelatih/asisten pelatih) SEA Games ke-32.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid