Timnas Indonesia

Maarten Paes Resmi Dikukuhkan sebagai WNI, Berpeluang Debut di Juni 2024



NOBARTV.CO.ID Maarten Paes resmi jadi WNI, Proses naturalisasi kiper FC Dallas Maarten Paes akhirnya selesai. Kemarin, persepakbola dengan posisi penjaga gawang itu resmi dikukuhkan sebagai WNI. Paes pun berpeluang besar untuk menjalani debutnya pada Juni mendatang.

Serangkaian proses naturalisasi kepada satu pemain naturalisasi selesai sudah. Kemarin, Paes telah menjalani proses sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Proses sumpah merupakan rangkaian akhir dari beberapa proses naturalisasi. Bila sudah melakukan proses tersebut, maka yang bersangkutan tinggal menunggu perpindahan federasi saja. Untuk Paes, ia tinggal menunggu perpindahan federasi sebelumnya dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia). Perpindahan federasi ini diurus oleh Federasi Sepakbola Dunia alias FIFA.

Mengingat proses perpindahan federasi tidak menunggu waktu lama hingga berbulan-bulan, maka besar kemungkinannya – Paes akan segera debut dengan Timnas Indonesia. Di waktu dekat ini, skuad Garuda akan bermain melawan Irak dan Filipina di ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Dua laga tersebut digelar pada Juni 2024 mendatang.

Baca Juga:  Soal Kesehatan Pemainnya, Dokter Timnas Indonesia Sebut STY seperti Dosen, Apa Artinya?

Dua pertandingan ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Mengingat kedua laga ini cukup penting karena memiliki peluang besar bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya (jika menang), maka Paes – dengan segudang pengalamannya kemungkinan akan dimainkan oleh Shin Tae-yong. Kendati di skuad Timnas Indonesia sudah ada nama Ernando Ari yang tengah naik daun, namun kemungkinan besar adalah kiper Persebaya Surabaya ini akan jadi pemain kedua di laga tersebut.

Paes sendiri dalam keterangannya pasca diresmikan sebagai WNI sudah mengincar debutnya pada bulan Juni tersebut. Pria kelahiran Nijmegen 14 Mei 1998 ini berhasrat untuk membukukan sebanyak mungkin pertandingan bersama Timnas Indonesia.

Tidak cuma itu, Paes – juga mengincar target utama bersama Timnas Indonesia yakni tampil di Piala Dunia 2026. Baginya, bermain di tim nasional adalah pemberi contoh bagi generasi muda dan hal itulah yang ingin ia berikan.

Baca Juga:  PSSI Bongkar Penyebab Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Maarten Paes Resmi Dikukuhkan sebagai WNI, Berpeluang Debut di Juni 2024
Maarten Paes dan Erick Thohir (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Semuanya sudah jelas untuk Juni nanti (Kualifikasi Piala Dunia 2026). Saya rasa bangsa ini layak untuk berada di Piala Dunia, dan itu adalah target utama saya, dan bermain sebanyak mungkin,” ujar Paes yang dikutip dari situs resmi PSSI.

“Serta memberikan dampak (bagi timnas) di dalam dan di luar lapangan. Karena saya juga ingin menjadi contoh (teladan) bagi generasi yang lebih muda,” sambung sang pemain.

Lebih lanjut, kata Paes lagi, ia sedikit membanggakan para suporter Timnas Indonesia. Menurutnya, fans Garuda Indonesia sangat loyal dalam mendukung pemain. Ia mengambil contoh dalam Piala Asia U23 2024 ini yang di mana – dukungan penuh selalu diberikan mereka (suporter) di dalam stadion.

“Para penggemar di Indonesia sangat luar biasa. Mereka orang-orang paling loyal yang saya tahu, dan mereka orang-orang yang penuh dengan semangat. Bisa dilihat, di saat ini, bagaimana mereka memberikan dukungan kepada timnas, bahkan hingga di luar stadion,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *