Timnas Indonesia

Dari Justin Hubner hingga Nathan Tjoe-A-On, PSSI Daftarkan 50 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS – PSSI telah mengirim 50 nama pemain yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Asia 2023 mendatang. Beberapa di antaranya merupakan pemain yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasi – bahkan ada pula yang masih menjalankannya (naturalisasi).

Tahun depan, Timnas Indonesia akan tampil di beberapa ajang penting. Salah satu ajang penting yang akan dimainkan oleh anak asuh Shin Tae-yong itu adalah Piala Asia 2023 (dimainkan tahun 2024).

Sekadar diketahui, seluruh laga fase grup Piala Asia 2023 akan digelar pada Januari 2024 alias bulan depan. Oleh karena itu, sebagai persiapannya jelang tampil di ajang tersebut, PSSI sudah mengagendakan rencana pemusatan latihan serta laga uji coba bagi Marc Anthony Klok dkk.

Direncanakan, skuad Garuda akan melakukan pemusatan latihan di Turki dan akan memainkan tiga laga uji coba. Tiga laga uji coba tersebut adalah melawan Timnas Libya sebanyak dua kali di Antalya serta menantang Timnas Iran di Doha Qatar. Laga melawan Libya dan Iran diharapkan bisa membuat persiapan skuad Garuda jauh lebih maksimal jelang laga-laga di fase grup Piala Asia 2023. Dalam ajang tersebut, Timnas Indonesia berada di grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam.

Dikarenakan even tersebut akan digelar pada bulan depan, maka selain mempersiapkan rencana uji coba, PSSI juga telah menyetor nama-nama pemain yang disiapkan. Dalam keterangannya, PSSI mengaku telah mengirimkan 50 nama pemain Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Asia 2023 itu. Dari ke-50 nama tersebut, nantinya yang benar-benar dibawa ke ajang tersebut adalah 23 orang saja. Akan tetapi, ke-23 nama itu haruslah masuk dalam daftar 50 nama yang sudah didaftarkan kemarin.

Menariknya, beberapa pemain yang masuk dalam daftar 50 nama itu adalah mereka yang sudah dan sedang melakukan proses naturalisasi. Sebut saja seperti Justin Hubner hingga Nathan Tjoe-A-On. Justin Hubner baru-baru ini menyelesaikan proses naturalisasinya dengan melakukan sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Sementara untuk Nathan Tjoe-A-On, ia dan satu pemain lainnya yakni Jay Idzes belum menyelesaikan proses naturalisasinya namun nama keduanya masuk dalam 50 daftar tersebut.

“Ya, benar (Justin Hubner masuk daftar 50 pemain timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023),” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Dari Justin Hubner hingga Nathan Tjoe-A-On, PSSI Daftarkan 50 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023
Erick Thohir dan Justin Hubner

Sementara itu, salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga menyebut pihaknya sedang menunggu perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI atas nama Justin Hubner. Sementara untuk Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, keduanya tinggal menunggu sumpah WNI sebab kemarin, Keppres dari Presiden RI Joko Widodo sudah keluar.

“Hubner sudah selesai (proses naturalisasinya) semua. Saat ini, kami juga sudah mengirim surat perpindahan federasinya ke FIFA dan tinggal menunggu balasannya,” ucapnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid