Timnas Indonesia

Rampungkan TC di Jerman, Begini Harapan dan Rencana Bima Sakti



NOBARTV NEWS – Bima Sakti mengungkapkan harapan serta rencananya usai skuad Garuda Asia (julukan U-17) merampungkan pemusatan latihannya di Jerman.

Kemarin (24/10), rombongan skuad Garuda Asia telah kembali ke tanah air. Sebelumnya, mereka sudah mengikuti serangkaian pemusatan latihan di Jerman selama kurang lebih satu bulan. Di negara Eropa tersebut, Arkhan Kaka dkk juga mendapatkan kesempatan untuk berujicoba dengan tim-tim terbaik Eropa.

Tercatat, selama satu bulan itu, anak asuh Bima Sakti tersebut melakoni tujuh laga uji coba. Dari tujuh uji coba ini, dua laga berhasil dimenangkan Timnas Indonesia. Satu laga berakhir dengan hasil imbang. Dan sisanya yakni empat pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan.

Walaupun demikian, pertandingan demi pertandingan yang telah dimainkan di luar negeri ini patut untuk disyukuri. Pasalnya, kapan lagi bagi skuad Garuda mendapatkan kesempatan berharga berjumpa dengan tim-tim terbaik lebih-lebih berasal dari Eropa. Lewat momentum inilah, sebagai persiapannya jelang berlaga di 2023, kesempatan itu akhirnya didapatkan.

Diketahui, pada Piala Dunia U-17 2023 ini, skuad Garuda Asia tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17. Walaupun selama uji coba kemarin mereka tak berhadapan dengan tim asal Afrika seperti Maroko atau tim dari Amerika Latin seperti Ekuador, namun demikian, uji coba demi uji coba tersebut patut untuk disyukuri. Sebab dengan uji coba itu, mereka mengetahui sejauh mana kekuatan timnya jelang berlaga di even tersebut nanti.

Rampungkan TC di Jerman, Begini Harapan dan Rencana Bima Sakti
Timnas Indonesia U-17 ketika melakukan TC di Jerman

Kini, setelah rombongan skuad Garuda Asia kembali ke tanah air, sang pelatih Bima sakti memiliki harapan serta rencana terbaru. Bima berharap skuad Garuda untuk segera beradaptasi sekembalinya di Indonesia. Sebab diketahui, selama berada di Jerman, mereka juga beradaptasi dengan lingkungan dingin di sana. Kini, setelah kembali ke tanah air, maka mereka juga harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

“Saya berharap pemain bisa cepat adaptasi lagi dengan cuaca di Indonesia,” kata Bima Sakti.

Selain itu, Bima berharap anak asuhnya untuk tetap menjaga kesehatannya. Sebab diketahui, pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 kian dekat dari hari ke hari. Oleh karenanya, akan sangat merugi jika menjelang pelaksanaan even, terdapat punggawa Timnas Indonesia U-17 yang justru mengalami kondisi fisik yang tidak baik.

“Pemain juga bisa menjaga kondisinya, kesehatannya, apalagi waktu sudah semakin mepet (untuk tampil di Piala Dunia U-17),” katanya menambahkan.

Adapun terkait rencananya, Bima ingin anak asuhnya untuk memainkan dua laga uji coba sebelum Piala Dunia U-17. Dua uji coba tersebut sebagai pematangan timnya sebelum berlaga di even tersebut.

“Nanti juga ada beberapa hari kita di Jakarta sebelum pindah ke Surabaya.”

“Kita juga akan mengadakan latihan, di Surabaya kita juga akan adaptasi seperti pertandingan, suasana latihan, kemudian jamnya juga, itu yang kami dari pelatih akan buat,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid