Timnas Indonesia

Tak Hanya PSSI, Presiden RI Juga Bakal Beri Hadiah Timnas Indonesia U-22



NOBARTV NEWS – Tidak hanya PSSI saja, namun Presiden RI Joko Widodo juga akan memberikan hadiah kepada skuad Garuda usai memenangkan gelar SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, U-22 akhirnya mengakhiri penantian panjangnya untuk meraih gelar juara dalam multi even yakni SEA Games. Mereka buka puasa ketika SEA Games dimainkan di tanah Kamboja atau ketika even tersebut memasuki edisi ke-32.

Gelar tersebut menjadi yang ketiga bagi Timnas Indonesia dalam sejarah SEA Games digelar. Jadi, dalam sejarah SEA Games untuk lomba sepak bola putra, Timnas Thailand menjadi terbaik sepanjang masa. Tim berjuluk Gajah Perang itu sudah mengoleksi 13 trofi. Sementara itu, di posisi kedua ada Timnas Malaysia dengan koleksi 5 trofi. Timnas Vietnam dengan dua trofi masing-masing pada tahun 2019 dan 2021. Adapun Timnas Indonesia U-22, mereka baru mengumpulkan tiga trofi yang di mana jarak trofi kedua dan terakhir sangatlah jauh.

Skuad Garuda mendapatkan medali emas pertamanya di SEA Games edisi 1987 kemudian disusul dengan tahun 1991. Sejak tahun 1991 sampai tahun 2023, terdapat jarak yang terbentang jauh. 32 tahun adalah waktu yang dibutuhkan bagi Timnas Indonesia U-22 untuk memulangkan kembali juara itu ke tanah air. Oleh sebab itu, sangat wajar jika kemenangan ini dirayakan dengan penuh suka cita.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Sehingga ketika mereka – para punggawa skuad Garuda diberikan ganjaran berupa materi pun rasanya cukup tepat. Hal itulah yang direncanakan oleh Presiden RI Joko Widodo. Kata Jokowi, negara akan memberikan imbalan bagi perjuangan Marselino Ferdinan dkk karena sukses membawa pulang medali emas. Hal tersebut disampaikan Jokowi usai menyaksikan pertandingan tersebut lewat acara nobar (nonton bareng) di Medan, Sumatera Utara.

“Hadiah nanti dipikirkan, tapi kita beri nanti, karena ini betul-betul ditunggu seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun,” kata Joko Widodo.

“[Saya] sangat happy banget, karena Indonesia vs Thailand 5-2. Yang saya sampaikan kemarin, mental pemenang, mental juara, itu memang kelihatan sekali ada, main tanpa beban mental. Ini kita sudah tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara, 32 tahun kita menunggu,” ujarnya memungkasi.

Selain Presiden RI, sebelumnya Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga mengungkapkan keinginannya untuk memberikan hadiah kepada punggawa Timnas Indonesia U-22 jika sukses keluar sebagai juara SEA Games 2023. Hal tersebut disampaikan Erick ketika Timnas Indonesia U-22 masih berada di Indonesia sebelum berangkat ke Kamboja.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“PSM saja ada bonus, masa ini (timnas U-22 Indonesia) enggak ada. Ya pasti ada,” kata Erick kala itu.

“Juara saja belum, sudah ngomongin bonus. Nah, ini yang kita kadang kecepetan. Berprestasi dulu, baru hasilnya ada. Jangan semuanya itu uang, uang, dan uang, akhirnya tujuannya tidak murni buat Merah Putih,” ujarnya menutupi.

Dan kini, juara tersebut akhirnya bukan sekadar harapan lagi. Sebab kemarin, skuad Garuda akhirnya benar-benar merengkuh gelar untuk pertama kali sejak 32 tahun terakhir.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid