Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Samai Pencapaian Korea Selatan Berkat Shin Tae-yong

TOPIK BERITA :


Shin Tae-yong
Shin Tae-yong

NOBARTV NEWS samai pencapaian Korea Selatan dalam hal kenaikan ranking FIFA, kedua negara tersebut sama-sama naik 4 peringkat berkat usaha memenangkan pertandingan-pertandingan yang dilakoninya dari Desember 2021 hingga Februari 2022.

Timnas Indonesia sejak dilatih oleh Shin Tae-yong memang mengalami peningkatan yang pesat, alih-alih langsung target juara pelatih berusia 51 tahun tersebut ingin mengubah sistem skuad Garuda terlebih dahulu.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada terlalu menitikberatkan pada prestasi. Saya berpikir akarnya harus kuat, agar ke atasnya juga kuat,” ujar Shin Tae Yong (9/1/2022).

Bukan hanya omongan belaka, sistem Shin Tae-yong benar-benar terlihat sejak 2020, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu memainkan mayoritas pemain muda dan terbukti berhasil mengalahkan tim-tim besar seperti Singapura dan Malaysia.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Berkat sistemnya yang mengandalkan para pemain muda, maka skuad Garuda nantinya tidak akan mengalami banyak perubahan dan itu tentu bagus untuk membangun chemistri antar pemain.

Tercatat sejak Desember 2021 hingga Februari 2022 Timnas Indonesia bertanding sebanyak 10 kali, 6 kali skuad Garuda meraih kemenangan saat itu melawan Laos, Kamboja, Singapura, Malaysia dan 2 kali melawan Timor Leste. 3 kali meraih hasil imbang kala berhadapan dengan Vietnam, Singapura dan Thailand, lalu 1 kekalahan saat melawan Thailand di Final leg pertama Piala AFF 2020.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia yang awalnya ranking 164 FIFA kini menempati ranking 160 menggeser Singapura, di sisi lain Korea Selatan juga naik 4 klasemen dari 33 ke 29.

Korea Selatan terbilang cukup produktif, dalam jangka waktu Desember 2021 hingga Februari 2022 timnas tersebut bermain sebanyak 4 kali dan semua pertandingan dimenangkannya.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

Meski hanya bermain 4 kali namun tambahan point Korea Selatan sangat banyak karena berhasil menang melawan Timnas yang rankingnya juga bagus, mereka berhasil mengalahkan Iceland, Moldova, Lebanon dan Syria.

Korea Selatan juga berhasil masuk dalam Qatar setelah lolos dari babak kualifikasi, jadi sangat wajar apabila timnas tersebut mendapatkan kenaikan ranking yang cukup drastis dari 33 ke 29.

Tidak kalah dengan Korea Selatan, Timnas Indonesia juga kini sedang membangun skuad yang bisa diandalkan untuk beberapa tahun kedepan, Shin Tae-yong berani memulai perubahan dengan mengandalkan para pemain muda yang diharapkan bisa bermain apik dalam jangka waktu yang panjang.

Yusril Gamin

Seorang pria yang sangat antusias dengan perkembangan sepak bola, hoby nonton film juga terlebih film The Pursuit of Happyness, liga weekend favorit nya adalah La Liga.