Timnas Indonesia

Stok Kiper Melimpah, Siapa Penjaga Gawang Utama Indonesia di Kualifikasi Piala Asia?



Stok Kiper Melimpah, Siapa Penjaga Gawang Utama Indonesia di Kualifikasi Piala Asia?
Nadeo Argawinata

NOBARTV NEWS – Jelang , Shin Tae-Yong sedikit ‘kebingungan' untuk menentukan penjaga gawang utama . Laga Kualifikasi Piala Asia amat penting, dengan demikian, pelatih asal Korea Selatan itu harus memilih satu penjaga gawang utama terbaik Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan dua tim asal Asia Barat yakni Timnas Kuwait dan Timnas Yordania. Sedangkan satu tim lainnya adalah Timnas Nepal. Ketiganya, begitu juga dengan Timnas Indonesia tergabung di grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Semua laga di grup A akan dilangsungkan di Kuwait – dan partai perdana Timnas Indonesia nanti adalah menghadapi tuan rumah.

Saat ini, posisi penjaga gawang Timnas Indonesia dipenuhi oleh banyak pemain bertalenta. Di 2020 kemarin, Timnas Indonesia memiliki sosok Nadeo Argawinata yang tampil sangat cemerlang. Nadeo bahkan berhasil menepis tendangan penalti pemain Singapura dalam babak semi-final.

Andai saja Nadeo gagal menghalau bola, Timnas Indonesia dipastikan gagal melangkahkan kakinya ke partai final melawan Timnas Thailand. Meski pada akhirnya Timnas Indonesia hanya menempati posisi runner-up, namun penampilan serta ketenangan Nadeo membuat ia layak menjadi kiper utama.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Selain Nadeo, Timnas Indonesia U-23 juga memiliki sosok Ernando Ari. Ernando Ari menjadi salah satu tulang punggung Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 kemarin. Meski masih berusia muda, Ernando dipercaya sebagai kiper utama Timnas Indonesia U-23. Alih-alih menggunakan kuota pemain senior untuk posisi penjaga gawang Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-Yong justru menggunakan jasa kiper Persebaya Surabaya itu. Kuota pemain senior Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong gunakan untuk sosok Fachruddin Aryanto, Ricky Kambuaya, dan Marc Anthony Klok.

Berbeda dengan Timnas Thailand yang menggunakan kuota pemain senior untuk posisi penjaga gawang yakni Kawin Thammasatchanan.

Di SEA Games kemarin, Ernando menjadi faktor penting Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu. Ia sukses mementahkan dua tendangan penalti pemain Timnas Malaysia U-23. Bukan hanya di babak perebutan tempat ketiga itu saja ia tampil cemerlang. Ernando juga pernah menahan tendangan penalti pemain Timnas Timor-Leste U-23 di babak grup A SEA Games 2021. Total, Ernando telah menahan 3 sepakan penalti lawan dalam ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Meski masih berusia muda, Ernando Ari juga layak untuk ditempatkan di posisi utama penjaga gawang Timnas Indonesia.

Selain dua nama di atas, beberapa pemain lainnya juga berpeluang besar untuk menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia. Sosok seperti Adi Satryo, Riyandi, hingga Syahrul Trisna juga selalu masuk sebagai bagian dari skuad Timnas Indonesia – meski selalu menjadi kiper cadangan.

Namun yang nama sepak bola, semua bisa terjadi. Tinggal menunggu waktu saja siapa yang akan menempati posisi utama menurut pandangan Shin Tae-Yong. Akan tetapi, jika melihat rekam jejak serta pengalaman mereka, besar kemungkinannya Nadeo Argawinata akan keluar sebagai penjaga gawang utama Timnas Indonesia.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid