Intermezzo

Serius Gunakan VAR di Liga 1, Erick Thohir Rapat dengan Distributor VAR dari Singapura

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir sudah melakukan rapat dengan distributor VAR atau Asisten Wasit Video dari Singapura.

Sebagaimana diketahui, seperti yang sudah dikemukakan oleh Erick Thohir sebelumnya, VAR akan mulai diterapkan pada pertengahan Liga 1 musim 2023-2024. Hal itu diputuskan Erick Thohir dan pengurus PSSI lainnya dengan penuh pertimbangan.

Pertama, untuk mengadakan VAR, para wasit harus mengikuti pelatihan lebih dulu. Tanpa pelatihan, para pengadil tentunya akan kelabakan jika tiba-tiba diminta untuk menggunakan teknologi canggih tersebut. Kedua, penggunaan VAR harus ditrial terlebih dahulu. Artinya, tidak semua stadion langsung bisa menggunakan teknologi itu. Tahap demi tahap, VAR baru bisa digunakan sepenuhnya jika SDM-nya (Sumber Daya Manusia) sudah siap semua. Terlebih, teknologi ini benar-benar asing bagi seluruh wasit Indonesia.

Penggunaan VAR sendiri merupakan salah satu janji kampanye yang pernah disampaikan oleh Erick. Sebelum KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI 16 Pebruari lalu, Erick pernah mengucapkan bahwa teknologi ini akan menjadi prioritasnya jika terpilih. Dan benar, begitu ia menjabat sebagai pengganti Mochamad Iriawan (Ketum PSSI sebelumnya), eks Presiden Inter Milan itu bergerak cepat untuk memenuhi janji kampanyenya.

Kemarin, lewat akun instagram pribadinya, Erick Thohir mengunggah momen pertemuannya dengan distributor VAR asal Singapura. Pertemuan tersebut merupakan yang pertama bagi PSSI (Erick Thohir) dan sang distributor. Pertemuan tersebut salah satunya membahas terkait implementasi VAR dalam pertandingan sepakbola Indonesia.

“Meeting pertama dengan distributor VAR dari Singapura. Kami membahas implementasi teknologi VAR dalam pertandingan sepak bola Indonesia,” tulis Erick Thohir.

Diharapkan, teknologi canggih ini menjadikan keputusan wasit jadi lebih tepat dan adil. Erick berharap sepakbola Indonesia jadi lebih profesional dengan pengadaan VAR tersebut.

“Dengan teknologi VAR, @pssi ingin memastikan keputusan wasit tepat dan adil. Insya Allah, secepatnya kita wujudkan sepak bola yang semakin profesionalm,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Dilansir dari sportstars.co.id, “Untuk menggunakan VAR, maka stadion tersebut wajib memiliki kekuatan pencahayaan minimal 1.200 Lux. Lalu, secara progresif mulai memperbaharui teknologi pencahayaan dengan penggunaan lampu jenis LED, dan terakhir menggunakan LED board dalam implementasi komersial di perimeter stadion.”

Jadi, tak hanya SDM dan VAR saja yang perlu diupgrade. Bahkan stadion yang akan digunakan wajib diubah dari segi infrastruktur dan pelayanan lainnya agar bisa mendukung pengadaan VAR di Liga 1. Liga 1 musim 2023-2024 sendiri akan digelar pada 1 Juli 2023 dan akan berakhir pada 24 Mei 2024.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments