Intermezzo

STY Tak Masuk sebagai Kandidat Pelatih Timnas Korea Selatan yang Baru

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong tidak masuk dalam kandidat pelatih baru Korea Selatan menyusul dipecatnya Jurgen Klinsmann dari skuad Taeguk Warriors.

Seperti yang diketahui, Korea Selatan mengalami nasib buruk di Piala Asia 2023 kemarin. Dalam ajang sepak bola tertinggi di benua Asia itu, langkah tim asal Asia Timur itu terhenti di babak semifinal. Padahal, sebelum keikusertaan mereka di even ini, Jurgen Klinsmann selaku pelatih pede untuk membawa anak asuhnya keluar sebagai juara.

“Kami siap ke Qatar. Kami punya keyakinan besar bahwa kami bisa tampil bagus di Qatar dan membawa pulang Piala Asia ke Korea setelah 64 tahun,” kata Jurgen Klinsmann pada laman resmi KFA Januari kemarin.

“Ini target kami. Inilah tujuan dari kerja keras kami setiap hari. Kami semua berharap bisa membuat Anda semua bahagia enam minggu lagi,” ujarnya menambahkan.

Namun sayangnya, mereka justru gagal mencapai target tersebut. Hal yang lebih memalukan lagi adalah Korea Selatan gugur di babak semifinal oleh tim yang tak terlalu diunggulkan yakni Timnas Yordania. Di laga semifinal tersebut, Kim Min-jae dkk dipermalukan dengan skor akhir 2-0. Kekalahan tersebut jelas sesuatu yang amat memalukan bagi tim yang diperkuat oleh beberapa pemain abroad Eropa itu. Secara peringkat FIFA, Korea Selatan berada di 30 besar sementara Yordania (ketika Piala Asia 2023 masih digelar) bertengger di peringkat 89.

Akibatnya, pada hari ini, Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) memutuskan untuk memecat sang pelatih. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Federasi KFA Chung Mong-gyu dalam keterangan resminya.

“Pelatih Klinsmann gagal menunjukkan kepemimpinan yang kami harapkan dari seorang pelatih timnas, termasuk manajemen pertandingan, pemain, dan juga etos kerja, yang mana itu penting untuk membuat tim lebih kompetitif,” ujar Presiden KFA Chung Mong-gyu beberapa waktu lalu.

Isu pemecatan Klinsmann sendiri sudah pernah terendus sejak jauh-jauh hari. Sosok pengganti sang pelatih pun sudah menyebar ke media sosial. Pelatih Shin Tae-yong juga masuk dalam daftar calon yang diisukan akan kembali menukangi skuad Korea Selatan berikutnya.

STY Tak Masuk sebagai Kandidat Pelatih Timnas Korea Selatan yang Baru
Jurgen Klinsmann dan pemain Korea Selatan Heung-min Son (sumber: IG @thekfa)

Akan tetapi, pada hari ini, Shin dipastikan tidak akan menjadi pelatih – atau setidaknya pengganti Klinsmann. Hal itu diungkapkan oleh sebuah media Korea bernama News Nate. Dalam daftar calon pengganti Klinsmann, News Nate hanya menyodorkan tiga nama kuat – yang di mana ketiga-tiganya adalah pelatih asal Korea Selatan. Tiga pelatih tersebut adalah Hong Myung-bo, Kim Gi-dong, dan Choi Yong-soo.

“Pejabat tinggi KFA dikatakan telah memasukkan mantan pelatih dan pelatih Selatan ke dalam daftar dengan pengalaman memimpin tim nasional di masa lalu untuk mencegah kesenjangan dalam manajer dan staf kepelatihan,” tulis News Nate.

Merunut kata-kata yang disampaikan News Nate yakni ‘mantan' pelatih Liga Korea Selatan dan pernah memimpin tim nasional, maka sudah jelas Shin Tae-yong tak masuk dalam kandidat tersebut.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *