Timnas Indonesia

STY Tegaskan Target Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong menegaskan targetnya bersama di 2026 dan Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, terdapat dua agenda penting yang akan diikuti oleh Timnas Indonesia senior di waktu dekat ini. Pertama adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan kedua adalah Piala Asia 2023 di Qatar.

Untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu, Timnas Indonesia dipastikan tergabung dalam grup F bersama Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina dalam ronde kedua. Kepastian skuad Garuda berada di grup tersebut karena sebelumnya Marc Klok dkk sukses menang agregat 12-0 atas Brunei Darussalam pada ronde pertama.

Alhasil, berkat kemenangan tersebut, skuad Garuda berada di grup F dan tergabung dengan tiga tim tadi. Dijadwalkan, pada bulan November ini, anak asuh Shin Tae-yong itu akan berhadapan dengan dua tim di grup F itu yakni melawan Timnas Irak dan Filipina.

Adapun untuk even lainnya yakni Piala Asia 2023 (dilangsungkan tahun 2024), skuad Timnas Indonesia beberapa waktu lalu (di drawing) dipastikan berada di grup D. Dalam grup D itu, skuad Garuda tergabung dengan Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

Di atas kertas, Indonesia adalah tim yang paling tidak diunggulkan (di grup D Piala Asia 2023). Selain karena peringkat mereka paling bawah berdasarkan rangking FIFA, Timnas Indonesia juga menjadi tim debutan setelah absen lebih dari 10 tahun lamanya.

Namun demikian, meskipun Timnas Indonesia dipandang sebelah mata dalam dua ajang tersebut, sang pelatih Shin Tae-yong sudah menegaskan targetnya bersama anak asuhnya. Tak main-main, target pelatih asal Korea Selatan itu cukup tinggi bersama skuad Garuda.

STY Tegaskan Target Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023
Shin Tae-yong tengah memberikan instruksi kepada anak asuhnya di Timnas Indonesia

Untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin menargetkan Timnas Indonesia lolos hingga putaran final. Bisa diartikan bahwa Timnas Indonesia ditargetkan bisa mentas di ajang sepakbola tertinggi di dunia itu. Sementara untuk Piala Asia 2023, secara lantang, Shin menargetkan tim yang diasuhnya bisa lolos – setidaknya hingga babak 16 besar. Hal tersebut Shin sampaikan kepada media asal Korea Best Eleven.

Baca Juga:  Begini Kata Kedua Pelatih Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan

“Kekurangan dari pemain-pemain Indonesia yang ada adalah mereka agak tenggelam dalam rasa [takut atas] kekalahan dibandingkan masalah skill,” tutur Shin Tae-yong.

“Banyak pemain timnas naturalisasi yang menghapus kekurangan tersebut. Jadi bisa dibilang Indonesia menjadi tim yang jauh lebih menakutkan dari sebelumnya,” ucapnya menambahkan.

“Kami membangun tim dengan baik seperti yang kami harapkan. Saya yakin kami dapat bersaing dengan percaya diri, dan melaju ke putaran final [kualifikasi Piala Dunia].”

“Di Piala Asia, tidak mudah menghadapi Jepang, Irak, dan Vietnam. Indonesia menjadi tim dengan peringkat terbawah di antara finalis Piala Asia. Akan ada banyak bagian yang sulit. Tapi, tujuan kami adalah melaju hingga ke babak 16 besar,” tuturnya.

“Harapan saya, kami bisa melaju ke babak kualifikasi final. Saya yakin mungkin sekitar 70 sampai 80 persen. Saya kira kami punya peluang fifty-fifty untuk melaju ke 16 besar Piala Asia,” pungkas eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid