Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong Minta Marselino dan Ronaldo Bermain di Luar Negeri



Shin Tae-Yong Minta Marselino dan Ronaldo Bermain di Luar Negeri
Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh

NOBARTV NEWS – Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan adalah dua pemain U-19 yang mendapatkan promosi untuk berlaga bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021. Kesempatan yang diberikan Shin Tae-Yong kepada kedua pemain muda itu dimanfaatkan keduanya sebaik mungkin.

Meski tidak mendapatkan menit bermain yang banyak, namun dua pemain muda andalan Shin Tae-Yong itu sukses bermain baik sepanjang turnamen dilaksanakan. Buktinya, Marselino Ferdinan berhasil mencetak dua gol sepanjang turnamen SEA Games tersebut. Sedangkan Kwateh menjadi pemain yang sangat penting di laga perebutan tempat ketiga kemarin.

Kwateh menjadi satu-satunya pencetak gol Timnas Indonesia U-23 di waktu normal kontra Timnas Malaysia U-23. Satu golnya itu memiliki andil besar terhadap permainan Timnas Indonesia U-23 ke depannya. Meski Timnas Malaysia U-23 berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa anak asuh Shin Tae-Yong bermain adu penalti, namun peran Kwateh sepanjang laga tetap diacungi jempol.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Melihat kedua anak asuhnya itu bermain apik, Shin Tae-Yong merasa kagum dan puas. Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan meminta agar keduanya mencari pengalaman bermain di luar negeri. Menurut Shin Tae-Yong, keduanya adalah aset masa depan Timnas Indonesia. Maka, mereka harus mengasah kemampuannya di liga yang baik – dalam hal ini, Shin Tae-Yong menunjuk dua negara : Jepang dan Korea Selatan.

“Performa Ronaldo dan Marselino sejauh ini di SEA Games 2021 sangat baik,” ujar Shin Tae-Yong selepas laga timnas Indonesia vs Malaysia, kemarin.

“Jika mereka ke Selatan atau Jepang, saya kira tidak ada masalah. Intinya bermain di kompetisi luar negeri akan lebih baik,” paparnya lagi.

Dengan bermainnya kedua pemain tersebut di luar negeri, maka hal itu bisa membantu perkembangan sepak bola Indonesia di masa mendatang.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Jika mereka bermain di luar negeri, pastinya bisa membantu perkembangan sepak bola Indonesia,”

Lebih lanjut, Shin Tae-Yong menyebut kemenangan atas Malaysia U-23 kemarin adalah sebuah keberuntungan. Timnya sedang lebih beruntung daripada Timnas Malaysia.

“Seperti yang kalian tonton, partai ini sangat sulit. Namun kami bisa menang karena keberuntungan,” ucapnya.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid