Timnas Indonesia

Sambut Piala Dunia U-17, Garuda Asia Tantang Tim Muda Barcelona di Laga Uji Coba



NOBARTV NEWS U-17 akan melakukan uji coba dengan Barcelona Juvenil A sebelum berlaga di 2023.

Seperti yang diketahui, pada tahun ini, skuad Garuda Asia (julukan Timnas U-17) akan tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah karena beberapa waktu lalu, FIFA lewat laman resminya mengumumkan hal tersebut.

Awalnya, negara asal Amerika Latin Peru diminta sebagai tuan rumah. Tapi sayangnya, Peru dilanda krisis ekonomi dan bencana alam sehingga mereka gagal memenuhi infrastruktur dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memadai. Alhasil, FIFA membatalkan Peru dan ditunjuk lah Indonesia.

Dari segi infrastruktur dan SDM, Indonesia dianggap negara yang paling siap – karena beberapa bulan sebelumnya, Indonesia sempat berstatus sebagai calon tuan rumah 2023.

Dan begitu terpilih sebagai tuan rumah, Pemerintah RI dan PSSI melakukan persiapan maksimal. Salah satunya adalah dengan cara melakukan pemusatan latihan dan bertanding dalam laga uji coba.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

Untuk pemusatan latihan, pada Senin 10 Juli kemarin, PSSI melalui laman resminya telah mengumumkan daftar 34 pemain yang diminta untuk mengikuti TC. TC tersebut rencananya akan digelar hingga bulan Agustus mendatang. Menariknya, dalam daftar 34 pemain tersebut, 6 di antaranya merupakan pemain keturunan yang saat ini berkarier di luar negeri.

Selain melakukan TC, PSSI dan staf kepelatihan Timnas Indonesia U-17 juga melakukan seleksi. Seleksi pemain dilakukan di 12 tempat di berbagai kota se-Indonesia. Jadi, tak hanya pemusatan latihan saja, PSSI dan Bima Sakti beserta stafnya juga melakukan seleksi terhadap para pemain.

Adapun untuk uji coba, Erick Thohir menyebut skuad Garuda Asia akan melakukannya dengan melawan tim-tim dari Asia, Eropa, hingga Afrika.

“Setelah menggelar seleksi di beberapa kota, pemain yang lolos akan berangkat ke Eropa,” kata Erick Thohir.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

“Untuk melakukan pemusatan latihan sekaligus uji coba dengan tim-tim kuat di Eropa, Afrika, dan Asia lainnya,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Ini penting karena pemain harus terbiasa menghadapi lawan-lawan tangguh sebelum mengikuti Piala Dunia U-17,” ucapnya memungkasi.

Menariknya, salah satu tim yang akan menjadi lawan uji coba Timnas U-17 dibongkar oleh salah satu stasiun televisi swasta Indosiar. Akun media sosial instagram Indosiar Sport (@Sports.Indosiar) menyebut Arkhan Kaka dkm akan melakoni uji coba melawan Barcelona Juvenil A. Saat ini sang lawan berkompetensi di División de Honor Juvenil.

Berdasarkan unggahan Indosiar Sport tersebut, laga Timnas Indonesia U-17 Versus Barcelona Juvenil A akan tersaji pada 2 Agustus 2023 mendatang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment