Timnas Indonesia

STY Disebut Akan Hengkang, Erick Thohir Angkat Suara

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Dalam sebuah wawancara dengan media Korea Selatan, Shin Tae-yong menyebut dirinya akan segera meninggalkan Indonesia usai membawa skuad Garuda di Piala Asia 2023. Ketua Umum PSSI Erick Thohir bereaksi dengan hal tersebut.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Erick Thohir dan Shin Tae-yong melakukan pertemuan empat mata. Pertemuan tersebut disebut-sebut tengah membahas nasib Shin Tae-yong dengan . Sebelumnya, Shin adalah pelatih untuk tiga kelompok umur Timnas Indonesia. Ia menukangi Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-19.

Tak lama setelah pertemuan tersebut, Erick memastikan posisi pelatih Timnas Indonesia U-19 akan diambil alih oleh pelatih lain. Hal itu diutarakan Erick begitu Indonesia batal sebagai tuan rumah 2023. Pada awalnya, STY didatangkan ke Indonesia untuk menjadi pelatih skuad Garuda muda di even tersebut. Ia dipilih oleh Mochamad Iriawan ketika masih memimpin PSSI.

Berdasarkan pengakuan Erick Thohir, keputusan untuk menggantikan posisi STY sudah dibicarakan terlebih dahulu dengan sang pelatih. Namun, tak ada yang menduga dengan apa yang terjadi sesudahnya. Dan baru-baru ini, Erick kembali memuat pengumuman baru. Shin lagi-lagi tak akan melatih untuk Timnas Indonesia U-23. Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri ditunjuk sebagai penggantinya. Sebelumnya, Indra sukses membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Lagi-lagi, dalam keterangannya, Erick mengaku sudah membicarakan hal tersebut kepada pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu. Erick tentunya memiliki alasan mengapa jabatan tersebut satu persatu dicabut dari Shin Tae-yong. Sebab sang pelatih memiliki agenda super padat dengan skuad senior. Selain itu, Erick ingin sang pelatih untuk lebih fokus menukangi satu tim kelompok umur saja.

Namun anehnya, baru-baru ini, kepada media Korea Selatan, Shin Tae-yong mengaku ‘kemungkinan' besar Piala Asia 2023 menjadi akhir dari perjalanannya bersama Timnas Indonesia. Tak jelas mengapa Shin Tae-yong mengatakan hal tersebut. Akan tetapi kuat dugaan kalau ia mengatakan demikian usai pertemuannya dengan Shin Tae-yong. Bisa jadi, dalam pertemuan tersebut ada hal-hal yang membahas masalah kontrak sang pelatih.

“Saya telah berbicara dengan Presiden PSSI, Erick Thohir. Kami telah menyelesaikan (pembicaraan kontrak),” kata STY dilansir dari Best Eleven.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Pertama-tama, saya harus melakukan apa yang harus dilakukan dan mempersiapkan diri untuk turnamen tersebut,” kata Shin menambahkan

“(Apakah Anda akan tetap menjadi pelatih setelah Piala Asia?) Tidak, itu sampai Piala Asia,” pungkasnya.

Mengenai pengakuan Shin tersebut, Erick akhirnya angkat bicara. Erick mengaku jika pertemuan dirinya dengan Shin sebelumnya adalah membahas masalah kontrak.

“Memang sudah ada pembicaraan dengan STY bahwa beliau kontraknya habis di bulan Desember,” tutur Erick Thohir usai pelantikan pengurus PSSI Jumat kemarin.

“Kan opsinya perpanjangan atau tidak diperpanjang, tapi kami ada kesepakatan bahwa kita akan persiapan sampai Piala Asia,” ujarnya menambahkan.

“Nanti, di Juli (Juni) itu ada yang harus kami ulang dan kedua belah pihak sudah menyepakati. Jadi, saya rasa hal yang gentleman disampaikan kita berdua daripada berbicara di belakang harus punya kesempatan yang sama semua coach,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments