Timnas Indonesia

Tampil di 3 Edisi SEA Games Berturut-turut, Media Vietnam Puji Witan Sulaeman



NOBARTV NEWS – Media Vietnam memuji winger Witan Sulaeman yang akan memainkan tiga edisi SEA Games secara berturut-turut.

Sebagaimana diketahui, sejak SEA Games edisi 2019 sampai edisi 2023, winger Persija Jakarta Witan Sulaeman selalu masuk dalam skuad Timnas Indonesia. Berarti, dalam tiga edisi berturut-turut, pemain kelahiran 8 Oktober 2001 itu secara rutin selalu membela Timnas Indonesia.

Penampilan Witan dalam tiga edisi SEA Games tersebut memantik komentar dari salah satu media asal Vietnam. Adalah The Thao 247, media Vietnam tersebut menyebut kehadiran Witan di skuad Garuda secara berturut-turut adalah sebuah keajaiban bagi sepak bola Indonesia.

“Keajaiban sepak bola Indonesia, Witan Sulaeman, adalah satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-22 yang berpartisipasi dalam SEA Games sebanyak tiga kali berturut-turut,” tulis The Thao 247.

Lalu, bagaimana rekam jejak sang pemain dalam tiga edisi SEA Games tersebut? Berikut ulasannya!

1. SEA Games 2019 Filipina

Witan pertama kali membela Timnas Indonesia dalam ajang SEA Games adalah pada tahun 2019 lalu. Saat itu, even SEA Games digelar di Manila, Filipina.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Menariknya, ketika itu usia Witan sangatlah muda. Namun Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia memercayakan satu posisi kepada pemain yang saat itu baru berusia 17 tahun.

Kala itu, skuad Garuda Indonesia tergabung dalam grup B bersama Timnas Thailand, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Laos.

Namun sayangnya, Witan hanya bermain sebanyak dua kali yaitu di babak semifinal ketika melawan Myanmar dan berjumpa Vietnam di partai final. Di babak semifinal (vs Myanmar), Witan tampil selama 16 menit. Laga melawan Myanmar sukses dimenangkan Witan Sulaeman dkk dengan skor akhir 4-2.

Namun sayangnya, di perebutan gelar melawan Vietnam, skuad Garuda kalah dengan skor telak 3-0. Di partai puncak ini, ia hanya turun selama 45 menit.

2. SEA Games 2021 Vietnam

Even SEA Games 2021 ini dilangsungkan pada tahun 2022. Dipindahkannya jadwal dari 2021 ke 2022 dikarenakan pada tahun tersebut (2021) covid-19 sedang merajalela. Maka mau tak mau, pelaksanaan even tersebut diundur namun tetap menyebut nama even seperti tahun semula pelaksanaan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Di ajang ini, skuad Garuda finis di posisi ketiga usai menaklukkan Timnas Malaysia. Adapun Witan Sulaeman, sepanjang turnamen, ia mendapatkan menit bermain yang sangat banyak. Ia menjadi pilihan utama dari pelatih Timnas Indonesia U-23 saat itu Shin Tae-yong.

Witan turun sepanjang fase grup sampai perebutan tempat ketiga (medali perak). Jadi, total Witan bermain sebanyak 6 kali serta sukses menorehkan 3 gol. 2 gol dicetak ketika melawan Timnas Singapura (fase grup) serta 1 gol lainnya ke gawang Myanmar di fase grup juga.

3. SEA Games 2023 Kamboja

Dan pada tahun ini, Witan lagi-lagi mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Jika di edisi sebelumnya ia sukses tampil gemilang, bagaimana dengan edisi kali ini? Mampukah eks pemain Lechia Gdansk, FK Senica, serta AS Trencin ini membuktikan kualitasnya lagi?

Untuk sekadar diketahui, di babak grup SEA Games 2023, skuad Garuda tergabung di grup A bersama Timnas Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment