Piala AFF

Rekap Piala AFF 2022: Juara, Top Skor, dan Fakta-fakta Lainnya!



NOBARTV NEWS 2022 sudah selesai diselenggarakan. Timnas Thailand sukses mempertahankan gelarnya secara berturut-turut. Tadi malam, tim Gajah Perang itu meraih titel ke-tujuhnya dalam ajang Piala AFF. Keberhasilan itu tak lepas dari kemenangan tipis 1-0 Theerathon Bunmathan dkk atas Vietnam.

Selain dipastikannya Thailand keluar sebagai juara, berikut beberapa fakta lainnya terkait Piala AFF 2022!

1. Thailand Jadi Tim Terbaik di Piala AFF Sepanjang Sejarah

Dalam 14 edisi Piala AFF, Thailand menjadi tim terbaik karena mereka telah menjuarainya sebanyak 7 kali. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di antara kontestan lainnya.

2. Teerasil Dangda dan Nguyễn Tiến Linh Berbagi Top Skor

Top skor Piala AFF 2022 dipegang oleh dua pemain. Teerasil Dangda dan Nguyễn Tiến Linh sama-sama mencetak 6 gol sepanjang turnamen. Hanya saja, Dangda tidak tampil di dua laga final. Sementara itu Nguyễn Tiến Linh tampil baik di kandang Vietnam atau di Thammasat Stadium kandang Thailand.

Andai saja Dangda memiliki jumlah pertandingan sebanyak Nguyễn Tiến Linh, barangkali striker BG Pathum itu lebih banyak mencetak gol di even tersebut.

3. Theerathon Bunmathan Sabet Penghargaan sebagai Pemain Terbaik

Penampilan kapten Thailand Theerathon Bunmathan sangat mengesankan sepanjang Piala AFF 2022 ini. Meski tak diperkuat Chanathip Songkrasin yang di edisi sebelumnya (2020) tampil menggila, Theerathon sukses menggantikan perannya sebagai pengganti yang sepadan. Bahkan, ia sukses memimpin tim Gajah Perang menjuarai even tersebut meski tak diperkuat oleh nama tadi.

4. Timnas Malaysia Dapat Penghargaan Fair Play

Timnas Malaysia bernasib sama seperti Indonesia. Tim berjuluk Harimau Malaya itu hanya finis sebagai semi-finalis. Di babak semifinal kemarin, anak asuh Kim Pan-gon itu disingkirkan oleh Timnas Thailand dengan skor agregat 3-1.

Akan tetapi, penampilan positif mereka sepanjang turnamen ini menjadikan AFF memberikannya penghargaan sebagai tim fair play.

5. Marselino Ferdinan Keluar sebagai Pemain Muda Terbaik

Untuk kedua kalinya secara berturut-turut, pemain asal Indonesia meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik di Piala AFF. Di edisi Piala AFF 2020 kemarin, bek sayap Tokyo Verdy Pratama Arhan menyabet gelar tersebut.

Adapun di edisi kali ini, Marselino Ferdinan meraih penghargaan yang sama. Sepanjang Piala AFF 2022 kemarin, Marselino mencetak satu gol. Gol tersebut ia lesakkan ke gawang Filipina di fase grup.

6. Jumlah Penonton Rata-rata 18.445 / Pertandingan

Secara keseluruhan, penonton yang hadir dalam total 26 pertandingan dari fase grup hingga babak final kemarin dihadiri oleh 479.591 penonton. Jika dirata-rata kan, jumlah penonton untuk setiap pertandingan menjadi 18.445 orang.

Jumlah tersebut sangatlah banyak jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya (2020). Kehadiran penonton ini tak lepas dari format round robin yang diterapkan AFF. Di Piala AFF 2020 kemarin, Singapura bertindak sebagai tuan rumah. Hal ini membuat suporter yang hadir tak sebanyak ketika bermain di kandang masing-masing.

7. 26 Pertandingan, 90 Gol yang Tercipta

Dari segi gol yang tercipta, Piala AFF 2022 juga lebih unggul dibandingkan 2020. Di edisi sebelumnya, total gol yang berhasil bersarang ada 88 gol atau 3,38 per pertandingan. Sedangkan di Piala AFF 2022, jumlah gol yang dicetak sebanyak 90 gol atau 3,46 per pertandingan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments

  1. Congratulation Negeri gajah putih kalian yg terbaik di Asean, gelar ke-7 untuk Thailand menjadi yg terbanyak di kawasan Asia tenggara, sangat sulit bagi tim lain untuk mengejarnya