Timnas Indonesia

Nova Arianto Jawab Adanya Grup WhatsApp Anti Shin Tae-yong

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Nova Arianto memberikan respons terkait adanya grup whatsapp anti STY. Kata Nova, hal itu adalah sesuatu yang wajar.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, jagat media sosial Indonesia dibuat heboh usai tayangnya sebuah podcast yang membahas nasib Shin Tae-yong bersama . Podcast yang diunggah oleh kanal youtube Skor Indonesia itu memuat judul “Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Putus atau Lanjut?”

Dalam podcast tersebut, sebuah fakta menyeruak yang mencatut nama Shin Tae-yong. Ternyata, keberadaan Shin Tae-yong di skuad Garuda tidak serta merta membawa kebahagiaan bagi banyak orang. Bahkan bagi rekan seprofesinya di Indonesia.

Kata pelatih futsal Doni Zola, di Indonesia, ada sekumpulan pelatih lokal yang tidak sreg dengan keberadaan Shin Tae-yong. Ketidaknyamanan itu membuat mereka berkumpul dalam sebuah grup whatsapp yang disebut Doni Zola sebagai grup anti STY.

Donzol menyebut ada dua faktor yang membuat para pelatih lokal itu merasa tidak nyaman. Pertama adalah Shin Tae-yong dianggap gagal membawa skuad Garuda semakin baik lagi alias hasilnya tidak sebaik yang kebanyakan orang bilang. Dan kedua adalah terkait dengan program naturalisasi. Sejak STY menjabat, program naturalisasi memang cukup digencarkan. Bahkan, tiga pemain senior yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama resmi menjadi WNI berkat dorongan STY.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Atas dua alasan itu lah muncul grup anti STY tersebut.

“Karena gua punya grup WA bersama pelatih-pelatih tuh sangat anti STY,” ujar Doni Zola atau pemilik nama lengkap Junika Rahmat Ramadhan itu.

“Salah satunya karena naturalisasi,” ujarnya menambahkan.

“Yang kedua mungkin ngerasa kok hasilnya gini-gini aja. Artinya mereka juga punya alasan dong kenapa mereka menganggap STY gagal,” katanya lagi.

Asisten Shin Tae-yong yakni Nova Arianto turut bersuara terkait hal ini. Mantan pemain belakang Persib Bandung dan Timnas Indonesia itu menyebut hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar. Hal itu dikatakan Nova ketika menanggapi sebuah pertanyaan yang muncul di salah satu unggahan terbarunya. Jadi, Nova tidak secara khusus menjawab isu tersebut lewat postingan pribadinya.

“Sukses buat coaches dan team semua semoga diberikan kelancaran dan kemudahan selama di SEA Games dan diberikan yang terbaik,” tulis Nova di akun instagramnya.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Dan secara kebetulan, beberapa netizen menanyakan isu tersebut di postingan yang baru diunggahnya itu.

“Kebetulan saya baru tau kalau ada grup tersebut,” jawab Nova kepada salah satu netizen.

“Mengenai grup tersebut kebetulan saya juga baru dengar mas dan seandainya benar-benar ada kami rasa wajar karena ada yang pro dan kontra,” katanya menjawab pertanyaan lainnya.

Namun demikian, kata Nova Arianto, pada dasarnya baik orang yang pro maupun kontra sama-sama menginginkan sepak bola Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi.

“Tapi yang harus digarisbawahi kami semua punya tujuan yang sama, melihat timnas berprestasi,” tulisnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment