Timnas Indonesia

Meski Dipulangkan Lebih Awal, Namun 2 Pemain Keturunan Dipastikan Ikut TC di Jerman



NOBARTV NEWS – PSSI telah memulangkan dua pemain keturunan dari TC U-17 di Solo. Meskipun demikian, kedua pemain tersebut akan kembali dipanggil ketika skuad Garuda Asia memulai pemusatan latihannya di Jerman dalam waktu dekat ini.

Seperti yang diketahui, saat ini, skuad Timnas Indonesia U-17 tengah melakukan pemusatan latihan sebagai persiapan jelang tampil di even 2023. Pemusatan latihan tersebut sudah berjalan sejak satu bulan yang lalu – tepatnya pada tanggal 10 Juli 2023 kemarin.

Menariknya, dalam proses pemusatan latihan ini, Bima telah memimpin anak asuhnya di tiga tempat berbeda. Pertama, mereka melakukan TC tersebut di Jakarta. Kedua, Ji Da-bin dkk melanjutkannya di Bali. Di Pulau Dewata, skuad Garuda Asia juga melakoni dua laga uji coba melawan Barcelona Juvenil dan Kashima Antlers U-18. Dalam dua laga uji cobanya itu, skuad Garuda tak pernah meraih kemenangan. Mereka takluk 0-3 dari Barcelona Juvenil dan dipermalukan Kashima Antlers U-18 2-3.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Sehabis dari Bali, rombongan Timnas Indonesia U-17 kembali melanjutkan perjalanannya ke Solo. Di Kota Solo, mereka kembali melakukan TC dan diketahui baru saja melakukan uji coba dengan tim muda Persis Solo U-17. Dalam uji cobanya kali ini, Arkhan Kaka dkk menang dengan skor meyakinkan 3-0.

Dari serangakaian pemusatan latihan dan uji coba yang dilakukan di tiga tempat berbeda itu, Bima beberapa kali memanggil dan mencoret pemainnya. Jadi, di tengah-tengah TC, sang pelatih menerapkan sistem promosi dan degradasi. Pemain yang dianggapnya mumpuni akan dipertahankan. Namun jika ada yang tak sesuai dengan kriterianya, maka Bima mencoretnya sembari memanggil pemain baru. Sistem ini – kata Bima Sakti disebutnya sebagai sistem promosi – degradasi. Sistem ini juga berlaku untuk seluruh pemain keturunan atau diaspora.

Kemarin, dikabarkan bahwa Bima telah memulangkan dua pemain keturunan. Salah satu pemain tersebut adalah Welber Jardim. Akan tetapi, kata Bima Sakti, meskipun keduanya dipulangkan, mereka kemungkinan besar akan turut disertakan di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman. Ya, setelah melakukan TC di tanah air, skuad Garuda Asia juga akan melanjutkan TC tersebut di negara Eropa Jerman.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kemungkinan akan kami bawa dia ke Jerman. Kami akan kasih waktu dua pekan lagi kepada dia,” kata Bima Sakti.

Bima Sakti terpaksa memulangkan Welber karena sang pemain akan mengikuti sebuah turnamen bersama klubnya Sao Paulo FC U-17.

“Nanti dia akan mengikuti turnamen di Brasil bersama Sao Paulo U-17. Setelah itu, kami akan koordinasi dengan PSSI supaya Welber Jardim bisa ikut TC di Jerman,” ujarnya menambahkan.

Selain Welber, pemain keturunan lainnya yang akan mengikuti TC tersebut adalah Aaron Suitela.

“Kami akan lihat lagi karena Aaron Suitela masih kami beri kesempatan di Jerman,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment