Timnas Indonesia

Resmi! PSSI Kontrak Frank Wormuth sebagai Pendamping Bima Sakti hingga Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – PSSI akhirnya resmi mendatangkan eks pelatih Timnas Jerman U-17 Frank Wormuth sebagai pendamping Bima Sakti di 2023.

Sebagaimana diketahui, sejak beberapa bulan yang lalu, PSSI memang sudah merencanakan untuk mendatangkan Direktur Teknik PSSI yang baru. Kata Erick saat itu, Direktur Teknik sebelumnya yaitu Indra Sjafri akan diminta sebagai pelatih U-20.

Dan benar, beberapa waktu sesudahnya, PSSI pun menunjuk Indra sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20 dalam empat tahun ke depan. Di samping sebagai pelatih Timnas U-20, Indra masih tetap menjabat sebagai Dirtek PSSI sampai Federasi Sepakbola Indonesia itu menemukan penggantinya.

Berminggu-minggu kemudian, setelah melakukan negosiasi yang cukup panjang, sedikit demi sedikit ciri-ciri Direktur Teknik PSSI yang baru pun terkuak. PSSI menyebut Dirtek baru berasal dari Jerman, usia 50-an tahun, esk pesepakbola, dan pernah menukangi (sebagai pelatih) Timnas Jerman kelompok umur.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Dan kemarin, pada hari Minggu (23/07), PSSI akhirnya memastikan siapa sosok yang dimaksud. Adalah Frank Wormuth, eks pelatih Timnas Jerman U-17 itu resmi dikontrak sebagai Direktur Teknik PSSI selama empat bulan. Selain bertindak sebagai Dirtek PSSI, Frank Wormuth juga memiliki tugas tambahan sebagai pendamping Bima Sakti dalam Piala Dunia U-17 2023. Piala Dunia U-17 2023 sendiri akan digelar pada 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang. Berarti, jabatan tersebut Frank Wormuth pegang hingga berakhirnya even akbar itu.

Menariknya, dalam sesi pengenalan PSSI, Erick Thohir menyebut Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih. Bukan sebagai Direktur Teknik PSSI. Akan tetapi, dari apa yang sudah disampaikan Erick sebelumnya, maka Frank Wormuth bisa dikatakan juga bertindak sebagai Dirtek PSSI yang baru. Hanya saja dalam pengenalan kemarin Erick hanya menyebutnya sebagai konsultan pelatih.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

“Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi Coach Bima Sakti,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir kemarin.

“Kontrak pertama ini untuk jangka waktu 4 bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17. Kita akan lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun timnas Garuda Muda ini,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Frank juga diminta oleh PSSI untuk menemani skuad Garuda Asia (julukan Timnas U-17) selama mengikuti training camp di Jerman. Diketahui, pasca TC di tanah air, para pemain Timnas U-17 akan melanjutkan TC di luar negeri yakni Jerman.

“Penunjukan Frank juga didasari rencana kamp pelatihan. Juga try out ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober nanti,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment