Timnas Indonesia

Piala Asia 2023 Digelar Tahun Depan, Bagaimana Nasib STY yang Sudah Habis Kontrak?

TOPIK BERITA : β€’


NOBARTV NEWS – Piala Asia 2023 hampir pasti akan dilaksanakan pada bulan Januari 2024. Perhelatan akbar sepak bola terbesar di benua Asia ini terpaksa dimundurkan karena Qatar selaku tuan rumah baru selesai melangsungkan . Lalu, bagaimana nasib Shin Tae-yong yang kontraknya bakal berakhir di akhir 2023 ini?

Seperti yang sudah diketahui, akhirnya mentas di even Piala Asia 2023. Lebih dari sepuluh tahun Timnas Indonesia menanti kesempatan ini. Terakhir, skuad Garuda tampil di Piala Asia adalah pada edisi 2007. Saat itu, empat negara Asia Tenggara menjadi tuan rumah sekaligus. Mereka adalah Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Empat kekuatan sepak bola terbesar di Asia Tenggara itupun berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2007 sebab statusnya sebagai tuan rumah. Menariknya, keempat tim itu langsung menempati pot A. Dan di akhir babak drawing, Thailand masuk ke grup A, Vietnam grup B, Malaysia grup C, dan Indonesia grup D.

Baca Juga:  Prediksi Line-Up Indonesia vs Uzbekistan: Siapa yang Gantikan Struick?

Di fase grup, hanya Vietnam yang meloloskan diri ke babak 8 besar. Namun perjuangan The Golden Stars Warriors terhenti di babak itu juga. Mereka tumbang atas Irak 2-0 dalam laga yang digelar di Bangkok, Thailand.

Menariknya, di Piala Asia 2023 ini, untuk pertama kalinya sejak edisi 2007 lalu, keempat tim tersebut kembali lolos ke putaran final. Timnas Indonesia sendiri lolos setelah menjadi salah satu runner-up terbaik. Anak asuh Shin Tae-yong itu bertengger di peringkat kedua klasemen akhir grup A . Timnas Indonesia hanya kalah satu kali dari Timnas Yordania. Di babak grup tersebut, skuad Garuda membuat kejutan dengan memenangkan duel lawan Kuwait 2-1. Di laga terakhir babak kualifikasi, Marc Klok dkk melibas Timnas Nepal 7-0.

Peran sang pelatih Shin Tae-yong sangatlah besar di balik lolosnya Timnas Indonesia ini. Bahkan, sang pelatih begitu siap untuk melakoni putaran final Piala Asia 2023 yang jauh lebih berat lagi.

Namun sayang seribu sayang, Piala Asia 2023 kemungkinan besar akan diundur menjadi tahun depan. Tepatnya pada Januari 2024. Sementara itu, kontrak Shin bersama Timnas Indonesia akan berakhir pada Desember 2023. Sehingga masa depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pun jadi pertanyaan. Apakah sang pelatih masih menjadi nakhoda Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti? Terlebih Ketum PSSI saat ini Mochamad Iriawan memutuskan tidak akan maju di KLB mendatang.

Baca Juga:  Kapten Uzbekistan Puji Indonesia: Indonesia Bermain Sangat Baik

Kepastian Shin untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti kemungkinan besar akan dinilai dengan performa skuad Garuda di tahun ini. Sebab sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan mengikuti beberapa even penting. Seperti Piala Asia U-20, , , dan juga beberapa laga FIFA Matchday.

Nah, jika Shin masih ingin menjadi pelatih Timnas Indonesia, maka satu-satunya caranya adalah memberikan prestasi terbaik untuk Timnas Indonesia di tahun ini.

Dengan demikian, siapapun calon Ketua Umum PSSI nanti, dengan syarat STY memberikan prestasi, maka bukan tidak mungkin Ketum PSSI tersebut memperpanjang kontrak sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments