Timnas Indonesia

Laga Hidup Mati Kontra Uzbekistan, Skuad Garuda Muda Diminta Jangan Merasa Kecil



NOBARTV NEWS – Nasib di Piala Asia U-20 2023 akan ditentukan pada malam nanti. Meski akan melawan tuan rumah sekaligus pemuncak klasemen sementara grup A, namun Hokky Caraka dkk diminta untuk tidak merasa kecil di hadapan sang lawan.

Sebagaimana diketahui, hari ini merupakan partai pamungkas untuk grup A Piala Asia U-20 2023. Skuad Garuda muda akan menantang sang tuan rumah Uzbekistan U-20. Sedangkan Irak U-20 akan menghadapi Timnas Suriah U-20.

Dari keempat tim tersebut, hanya tiga tim yang masih berpeluang lolos ke babak 8 besar. Tiga tim tersebut adalah Timnas Irak U-20, Timnas Indonesia U-20, dan Timnas Uzbekistan U-20. Di atas kertas, tim yang memiliki peluang paling besar untuk lolos ke babak berikutnya adalah tuan rumah Uzbekistan. Sebab dari dua pertandingan awal, skuad Uzbekistan U-20 selalu meraih kemenangan. Mereka menang atas Timnas Suriah U-20 2-0, lalu menggilas Timnas Irak U-20 1-0. Dua kemenangan tersebut mengantar mereka ke puncak klasemen sementara grup A.

Sementara itu, tiga tim lainnya seperti Timnas Indonesia U-20, Irak U-20, dan Suriah U-20 sudah pernah mengalami kekalahan. Bahkan, Suriah U-20 lebih parah lagi. Dari dua laga, anak asuh Mark Wotte itu belum mendapatkan satu poin pun. Mereka dua kali kalah masing-masing atas Timnas Uzbekistan U-20 dan Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

Oleh sebab itulah, Timnas Uzbekistan hanya butuh hasil imbang melawan Indonesia guna mengunci posisi sebagai juara grup. Karena poin yang dimiliki mereka tidak akan mungkin terkejar lagi dengan hasil imbang tersebut. Namun jika mereka kalah, maka peluang untuk lolos semakin tipis – bahkan, bisa saja mereka gugur jika Indonesia menang dengan selisih dua gol dan Irak U-20 menang besar atas Timnas Suriah U-20.

Namun bagi Indonesia, bukan perkara mudah untuk memenangkan pertandingan melawan Uzbekistan. Sebab untuk lolos ke babak 8 besar, Hokky Caraka dkk haruslah memenangkan laga tersebut. Di samping itu, tim yang akan dilawannya itu bukanlah sembarang tim. Selain sebagai pemuncak klasemen sementara, Uzbekistan U-20 juga bertindak sebagai tuan rumah.

Meskipun demikian, manajer Timnas Indonesia U-20 Sumardji meminta anak asuh Shin Tae-yong untuk tidak mudah mengalah.

Baca Juga:  Maarten Paes Resmi Dikukuhkan sebagai WNI, Berpeluang Debut di Juni 2024

“Cuaca agak dingin. Saya yakin semua sepakat datang kesini dengan niat dan keinginan yang sama untuk memperbaiki yang kemarin kurang bagus bagaimana cara upaya kita memperbaiki diri kita dalam rangka meraih kemenangan atas Uzbekistan,” kata Sumardji pada kanal youtube PSSI TV.

Lebih lanjut, Sumardji juga meminta agar mereka (skuad Garuda muda) untuk tidak merasa kecil di hadapan sang lawan.

“Tadi saya dengar coach sudah menyampaikan jangan pernah kita gentar, jangan pernah kita merasa kecil, melawan Uzbeksitan,” ujarnya menambahkan.

“Kalian harus tahu yang bisa mengalahkan diri kita itu hanya kita sendiri. Kalau lawan, kita anggap paling atas, maka kita harus posisikan diri di atas lawan jadi punya kemauan dan keinginan yang kuat siapapun lawan kita.”

Sumardji menekankan bahwa mental skuad Garuda muda harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Karena mereka pada dasarnya tengah memikul cita-cita seluruh warga negara Indonesia.

“Kuncinya bagaimana mental kalian mempersiapkan sebaik-baiknya untuk laga berikutnya. Saya percaya, kalian berjuang bersama-sama berkeja keras mewujudkan keinginan dan cita-cita seluruh warga kita di negara kita yakni kemenangan,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment