Timnas Indonesia

Duh! Sudah Tampil dengan Timnas U-20, Status Zico dan Rafael Ternyata Belum Jelas!



NOBARTV NEWS – Nama Rafael Struick dan Zico Soree sempat mengejutkan TC Garuda muda di Spanyol. Bahkan, salah satu di antaranya membuat penampilan gemilang dengan mencetak gol ketika jumpa Slovakia.

Sebagaimana diketahui, pemusatan latihan Garuda muda kali ini diikuti oleh empat pemain keturunan. Dua pemain Ivar Jenner dan Justin Hubner bergabung ketika Garuda muda masih berada di Turki. Dan dua nama lainnya bergabung ketika Timnas Indonesia sudah berada di Spanyol.

Namun siapa sangka, ternyata dari keempat pemain tersebut, hanya Justin Hubner dan Ivar Jenner yang sudah memiliki status yang jelas. Status jelas yang dimaksud adalah keduanya dipastikan akan menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia. Beberapa waktu lalu, Ivar Jenner dan Justin Hubner melalui proses naturalisasi tahap awal. Dengan demikian, sudah jelas jika keduanya berstatus sebagai calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

Adapun Rafael Struick dan Zico Soree, pemain ADO Den Haag dan PEC Zwolle itu ternyata belum memiliki status jelas. Shin Tae-yong belum memutuskan apakah kedua pemain tersebut bakal dinaturalisasi atau tidak. Namun untuk diketahui, keduanya sudah beraksi beberapa kali bersama Timnas Indonesia. Yakni ketika Garuda muda jumpa Timnas Slovakia U-20, Malaga U-20, dan Valerenga U-20.

Ketidakpastian status dua pemain keturunan itu diungkapkan oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri beberapa hari lalu.

“Saya lagi menunggu surat kepastian, apakah itu oke atau belum (untuk Rafael Struick dan Jamai Zico Soree),” terang Indra.

Menariknya, banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana kedua pemain tersebut bisa bergabung dengan Timnas Indonesia.

Jadi, di sela pemusatan latihan Timnas Indonesia di Eropa, STY meminta PSSI untuk menguji kualitas empat pemain baru (di luar Ivar Jenner dan Justin Hubner).

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Akan tetapi, Hamdan Hamedan selaku Exco PSSI yang ditunjuk untuk mengarahkan pemain naturalisasi itu hanya bisa mengirim dua pemain baru ke TC Timnas Indonesia U-20. Mereka adalah Rafael Struick dan Zico Soree. Dua pemain lainnya belum sanggup untuk memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

Setelah keduanya sepakat untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, mereka pun langsung terbang dari Belanda ke Spanyol. Bahkan, satu hari setelah tiba di negeri matador itu, Rafael Struick dan Zico Soree langsung diturunkan di laga uji coba melawan Timnas Slovakia.

Yang membuat keduanya begitu istimewa adalah mereka tampil memuaskan – bahkan mendapatkan pujian dari sang pelatih Shin Tae-yong. Keduanya mendapat pujian karena penampilan perdananya itu. Zico Soree dipuji karena kecepatan dan akselerasinya – serta Rafael dipuji karena sukses memberikan gol perdana di laga debutnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments