Timnas Indonesia

Waketum PSSI Nilai Target 16 Besar di Piala Asia 2023 cukup Realistis

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Zainudin Amali menyebut target 16 besar bagi di ajang Piala Asia 2023 adalah realistis.

Saat ini, skuad Garuda sedang berada di Turki. Mereka sedang melakukan pemusatan latihan jelang tampil di ajang bergengsi Piala Asia 2023. Di even tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu tergabung dalam grup D bersama Timnas Irak, Timnas Jepang, dan Timnas Vietnam.

Oleh karena itu, sebagai persiapan mereka jelang bertemu dengan tim-tim tersebut, digelar lah pemusatan latihan yang terpusat di kota Antalya, Turki. Di sana, Marc Anthony Klok dkk tidak sekadar melakukan persiapan berupa pemusatan latihan saja. Namun mereka juga diagendakan untuk melakukan uji coba tertutup melawan dua tim berbeda. Pertama adalah melawan Timnas Libya sebanyak dua kali serta menantang Timnas Iran sebanyak satu kali. Tiga laga uji coba ini dianggap sepadan untuk persiapan jelang jumpa Irak hingga Vietnam.

Menariknya, walaupun skuad Garuda tergabung dalam grup D yang notabenenya adalah tim-tim kuat, namun dengan jelas mereka memiliki target sepanjang turnamen ini digelar. Dalam keikutsertaan Timnas Indonesia terakhir di ajang Piala Asia tahun 2007 lalu, mereka hanya mampu finis di fase grup. Sementara untuk Piala Asia 2023 ini, mereka ditargetkan untuk mampu lolos ke babak 16 besar.

Ada tiga cara untuk bisa lolos ke babak tersebut. Pertama dengan menjadi juara grup, kedua sebagai runner-up, atau ketiga dengan keluar sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. Bagi skuad Garuda, poin pertama jelas cukup sulit untuk dicapai. Sementara untuk poin ketiga adalah sesuatu yang tak aman karena mereka harus bersaing untuk status tersebut dengan tim-tim di grup lain. Dengan demikian, maka poin kedua lah yang paling pas untuk digapai oleh mereka. Dengan demikian, peluang untuk lolos ke babak 16 besar itu lebih terbuka.

Waketum PSSI Nilai Target 16 Besar di Piala Asia 2023 cukup Realistis
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali ikut memantau pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki

Sementara itu, bagi Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, peluang untuk lolos ke babak 16 besar adalah sesuatu hal yang cukup realistis. PSSI tidak ingin memberi target besar kepada Jordi Amat dkk. Karena ini merupakan penampilan mereka setelah belasan tahun lamanya absen, maka babak 16 besar adalah bukan sesuatu hal yang cukup tepat untuk dicapai.

“Tentu sebagaimana yang telah disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia menargetkan untuk kita lolos ke 16 besar. Itu yang kita harapkan. Federasi tentu harus realistis,” kata Zainudin Amali dilansir dari laman resmi PSSI.

“Ketua Umum selalu berdiskusi dengan pelatih sejauh mana kemampuan dari anak-anak ini. Kita juga tidak bisa mengatakan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri,” ujarnya menambahkan.

“Jadi sebagaimana yang disampaikan oleh Coach Shin Tae-yong, dia akan usahakan kita lolos ke 16 besar, ya kita tunggu saja,” tutup mantan Menpora RI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid