Timnas Indonesia

Walau Berat, Indonesia Masih Punya Peluang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17, Apa Itu?



NOBARTV NEWS U-17 tumbang atas Maroko U-17 di laga pamungkas grup A 2023. Meskipun anak asuh Bima Sakti itu finis di peringkat ketiga klasemen akhir grup A, namun peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar masih ada kendati itu cukup sulit untuk terjadi.

Tadi malam, Timnas Indonesia U-17 memainkan partai pamungkas dalam grup A Piala Dunia U-17 2023. Di laga tersebut, skuad Garuda Asia takluk atas Timnas Maroko U-17 dengan skor akhir 1-3. Satu gol yang dilesakkan oleh Nabil Asyura lewat tendangan bebas tak mampu menyelematkan Timnas Indonesia U-17 di hadapan anak asuh Said Chiba. Alhasil, skuad Garuda tak mendapat satu poin pun dari pertandingan semalam.

Adapun di dua laga sebelumnya, Welber Jardim dkk berhasil mendapatkan dua poin. Mereka mencuri satu poin masing-masing di laga kontra Ekuador U-17 dan Panama U-17. Masing-masing, dalam dua laga tersebut, skuad Garuda bermain imbang 1-1. Alhasil, dua hasil imbang tersebut membuat Arkhan Kaka dkk cuma dapat 2 poin saja.

Oleh karenanya, mereka pun finis di peringkat ketiga klasemen akhir grup A. Sementara Ekuador U-17 dan Maroko U-17, keduanya dipastikan lolos ke fase knock-out (16 besar) karena finis di peringkat satu dan dua. Adapun untuk Timnas Indonesia U-17, anak asuh Bima Sakti ini sejatinya masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Hal itu bisa didapatkan jika mereka finis sebagai salah satu dari empat runner-up terbaik di fase grup Piala Dunia U-17 2023. Lantas, apakah peluang tersebut masih terbuka?

Walau Berat, Indonesia Masih Punya Peluang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17, Apa Itu?
Selebrasi Nabil Asyura usai mencetak gol ke gawang Maroko U-17 tadi malam

Ya, peluang Timnas Indonesia U-17 untuk lolos ke babak 16 besar lewat status runner-up terbaik ini masih ada. Namun sayangnya, peluang tersebut sangatlah kecil. Timnas Indonesia U-17 dengan catatan dua poin yang sudah didapatkannya itu harus bersaing dengan beberapa tim lain. Siapa saja tim yang juga mengincar posisi posisi ke-tiga terbaik?

Diketahui, jumlah kontestan Piala Dunia U-17 2023 adalah 24 tim. 24 tim tersebut terbagi ke dalam enam grup. Berarti, setiap grup dihuni oleh empat peserta. Dua tim yang finis di peringkat satu dan dua masing-masing grup otomatis lolos ke babak 16 besar.

Adapun untuk posisi peringkat tiga terbaik, Timnas Indonesia U-17 masih bersaing dengan salah satu dari peringkat ketiga dari grup E dan F. Sebab kenapa?

Di grup B, posisi ketiga sudah dikunci oleh Timnas Uzbekistan U-17 dengan jumlah poin 4. Untuk itu, Timnas Indonesia U-17 sudah pasti kalah (peringkat tiga terbaik) bersaing dengan tim asal Asia tersebut. Begitupun dengan peringkat ketiga grup C yakni Iran (3 poin) dan Jepang (sementara 4 poin) di grup D.

Jadi, dibandingkan tiga tim tadi, Timnas Indonesia U-17 sudah pasti tidak diperhitungkan untuk lolos ke babak 16 Namun, peluang Arkhan Kaka dkk untuk menemani ketiga tim tersebut juga masih terbuka lebar dengan syarat hasil dari pertandingan tim lain di grup E dan F.

Timnas Indonesia U-17 memiliki harapan untuk lolos jika Korea Selatan (0 poin) yang berada di grup E imbang dengan Burkina Faso U-17 dan Meksiko (1 poin) di grup F juga bermain sama kuat dengan Selandia Baru U-17. Sebab jika itu terjadi, maka Korea Selatan U-17 akan finis sebagai peringkat tiga klasemen akhir grup E dengan satu poin sedangkan Meksiko U-17 dengan dua poin di grup F.

Hal itu bisa mempermudah langkah skuad Garuda Asia ke babak 16 besar. Namun sayangnya, hal ini cukup mustahil untuk terjadi karena lawan Korea Selatan U-17 dan Meksiko U-17 itu adalah tim-tim yang saat ini menempati juru kunci di grupnya masing-masing.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid