Timnas Indonesia

7 Punggawa Timnas Indonesia yang Gagal Main di FIFA Matchday Juni 2023



NOBARTV NEWS – 26 pemain telah dipersiapkan Shin Tae-yong untuk dua laga FIFA Matchday pada bulan Juni ini. Namun hingga dua pertandingan tersebut usai, STY hanya total telah memainkan 19 pemain saja. Sementara itu, 7 di antaranya gagal mendapatkan menit bermain sedikitpun.

Sebagaimana diketahui, pada FIFA Matchday Juni ini, bertemu dengan dua tim – yang keduanya datang ke tanah air. Pertama, skuad Garuda menantang tim asal timur tengah Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Di laga tersebut, skuad Garuda hanya bermain imbang dengan lawannya tersebut. Banyak menciptakan peluang, tak satupun gol yang bersarang ke gawang berperingkat 93 dunia tersebut.

Kedua, Timnas Indonesia menjamu Timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Sayangnya, di laga kedua ini, anak asuh Shin Tae-yong itu lagi-lagi gagal menciptakan kemenangan. Bahkan, mereka dipermalukan dengan skor akhir 0-2. Dua gol skuad La Albiceleste saat itu dikemas oleh gelandang Juventus Leandro Paredes di babak pertama serta satu gol lainnya dari bek Tottenham Hotspur Cristian Romero di babak kedua.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Meski dikalahkan oleh juara dunia tersebut, namun anak asuh Shin Tae-yong itu beberapa kali mengancam pertahanan tim tamu. Dua peluang yang nyaris menjadi gol sempat dibuat oleh gelandang Persib Bandung Marc Klok dan bek tengah asal Ipswich Town Elkan Baggott.

Di balik dua laga melawan tim-tim terbaik tersebut, ada kisah yang tak kalah peliknya di balik pertandingan itu. Terdapat tujuh pemain dari 26 nama yang dipanggil kemarin gagal mendapatkan menit bermain. Ya, ke-tujuh nama tersebut tidak diturunkan di dua laga Timnas Indonesia itu. Alhasil, mereka hanya duduk manis di bangku cadangan ketika rekan-rekannya mendapatkan pengalaman berharga di atas lapangan. Siapa saja mereka?

1. Sandy Walsh

Untuk kesekian kalinya, Sandy gagal mendapatkan menit bermain. Cedera yang dideritanya ketika pemusatan latihan beberapa waktu lalu membuatnya absen di kedua laga tersebut.

2. Fachrudin Aryanto

STY masih mengandalkan pemain mudanya dibandingkan dengan nama-nama senior seperti Fachrudin Aryanto. Terlebih, di posisi bek tengah saat ini ada sosok Jordi Amat dengan pengalaman yang jauh lebih banyak.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

3. Andy Setyo

Sama halnya seperti Fachrudin, Andy Setyo masih kalah bersaing dengan beberapa bek tengah seperti Rizky Ridho, Jordi Amat, hingga Elkan Baggott.

4. Yance Sayuri

Tak seperti saudara kembarnya Yakob Sayuri, Yance justru berkebalikan. Pemain asal PSM Makassar ini tak dimainkan sama sekali oleh sang pelatih Shin Tae-yong.

5. Reza Arya Pratama

Kehadiran Ernando Ari dan Syahrul Trisna membuat Reza belum bisa mendapatkan jam terbang. Padahal, TC Juni ini merupakan panggilan pertamanya untuk Timnas Indonesia. Sayang, di saat kedua penjaga gawang Timnas Indonesia lainnya main bergiliran, ia justru hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

6. Rachmat Irianto

Gelandang yang juga bisa dimainkan sebagai bek tengah Rachmat Irianto tak mendapat satu menit pun di dua laga Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni ini. Tak diketahui apa alasan di balik sang pelatih membangkucadangkannya.

7. Stefano Lilipaly

Agak mengherankan ketika STY justru tak memainkan pemain yang moncer bersama Borneo FC ini. Tapi besar kemungkinannya Lilipaly tidak masuk dalam skema yang diinginkan sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid