Kualifikasi Piala Asia 2023

Tanpa Kapten Sekaligus Bek Andalannya, Skuad Garuda Asia Pede Kalahkan Malaysia, Berikut Rencana Bima Sakti!



NOBARTV NEWS U-17 dipastikan tanpa kehadiran bek tengah sekaligus sang kapten Iqbal Gwijangge dalam laga pamungkas kontra Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Namun Bima Sakti memiliki rencana di balik absennya pemain andalannya itu.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U-17 akan melakoni partai hidup mati melawan Malaysia. Timnas Indonesia tidak boleh kalah dalam laga yang akan dilangsungkan pada malam nanti di Stadion Pakansari Bogor itu. Sebab jika kalah maka tiket untuk lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 bakal hangus begitu saja. Kesempatan untuk lolos (jika kalah atas Malaysia) ke Piala Asia U-17 memang masih ada, namun harus bersaing dengan banyak tim. Karena satu-satunya harapan untuk lolos ke Piala Asia U-17 jika kalah adalah dengan menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik dari 10 tim.

Akan tetapi, jika Indonesia menang atau imbang, skuad Garuda Asia dipastikan lolos karena poin yang dimilikinya tidak akan mungkin terkejar lagi. Saat ini, Indonesia memiliki 9 poin sedangkan Malaysia 7.

Namun sayang, di saat Timnas Indonesia sangat membutuhkan kemenangan seperti sekarang, lini belakang justru pincang. Kapten Timnas Indonesia U-17 Iqbal Gwijangge terkena kartu kuning di dua laga berturut-turut masing-masing ketika berhadapan dengan UEA U-17 dan Palestina U-17. Dengan demikian, ia terpaksa absen karena akumulasi kartu tersebut.

Namun kabar baiknya, sang pelatih Bima Sakti tak risau dengan absennya sang pemain. Eks pemain Timnas Indonesia era 90-an itu memiliki rencana khusus terkait absennya sang pemain. Meski Iqbal absen, Bima memiliki stok pemain melimpah di posisi lini belakang Garuda Asia.

“Saya sudah bilang beberapa kali, saya bersyukur punya pemain yang siap semua. Artinya tidak ada pemain inti dan cadangan,” papar sang pelatih.

“Di sebelah saya ada Habil, kalau dia tidak bisa main, ada pemain lain yang siap untuk saya pasang.”

Bima menyebut ada tiga pemain yang siap menggantikan posisi Iqbal di laga nanti malam.

“Begitu juga Iqbal, banyak pemain lain yang bisa kita pasang, ada Andre, Femas, Afazriel, dan lainnya. Jadi saya pikir tidak ada masalah,” jelas Bima lagi.

Terkait siapa yang akan menggantikan Iqbal sebagai kapten, Bima sudah menunjuk Sulthan Zaky sebagai kapten kedua. Tak main-main, dalam memilih siapa yang akan menjadi pemimpin di dalam lapangan pun, Bima harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan psikolog.

“Penunjukkan kapten kami juga berkonsultasi dengan psikolog. Kami masih punya kapten kedua dan ketiga,” tutup Bima.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments