Timnas Indonesia

Jeon Kyung Jun, Calon Kuat Pengganti STY di Timnas Indonesia



Jeon Kyung Jun, Calon Kuat Pengganti STY di Timnas Indonesia
Jeon Kyung Jun

NOBARTV NEWS – Teka-teki pengganti Shin Tae-Yong di Timnas Indonesia senior dan U-23 masih menjadi misteri. Beberapa pelatih kenamaan disebut akan segara mengambil alih posisinya. Salah satu nama yang berpeluang mengisi posisi yang akan ditinggalkan STY adalah Jeon Kyung Jun, siapa dia?

Di Negeri Ginseng, Korea Selatan, nama Jeon Kyung Jun sangat tidak asing. Coach Jeon merupakan pelatih yang pernah menjabat di tim nasional dan klub lokal. Di level tim nasional, Jeon lebih banyak menangani timnas kelompok umur. Tercatat, Jeon pernah menangani Timnas Korea Selatan U-17, U-23, U-20 dan tim senior sebagai asisten manajer. Hanya di level Timnas Korea Selatan U-14, Jeon baru dipercaya sebagai pelatih kepala.

Selain pernah mengemban amanah di level tim nasional, Jeon Kyung Jun juga pernah menjabat sebagai pelatih klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Jeonnam Dragons merupakan klub terakhir yang pernah ditanganinya hingga 5 Juni 2022 kemarin. Selain itu, ia lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai asisten manajer saja. Seperti di Jeju United dan Jeonnam Dragons sebelum ia diputuskan menjadi pelatih tetap.

Baca Juga:  Reijnders Bersaudara: Kakak untuk Belanda, Sang Adik Jatuhkan Pilihan untuk Indonesia

Kedatangan Jeon Kyung Jun di Timnas Indonesia tidak akan menyingkirkan nama Shin Tae-Yong. Sebab, perpaduan keduanya justru akan membuat Timnas Indonesia semakin baik. Jeon Kyung Jun pernah menjadi asisten Shin Tae-Yong – tepatnya sebagai juru taktik Timnas Korea Selatan.

Jeon Kyung Jun dan Shin Tae-Yong pernah bekerjasama dalam 21 pertandingan. Kerjasama antar keduanya akan semakin baik jika dua pelatih asal Korea Selatan itu menangani satu tim nasional secara bersamaan namun berbeda kelompok umur. Jeon Kyung Jun di level senior sedangkan Shin Tae-Yong di level Timnas Indonesia U-20.

Hal ini tidak akan membuat kekuasaan keduanya timpang tindih, justru koordinasi tersebut akan terjalin dengan baik. Kekurangan dari masing-masing tim yang ditangani bisa dikoreksi satu sama lain.

Salah satu jurnalis asal Korea Selatan, Steve Han amat mendukung jika kedua pelatih tersebut melakukan reuni. Steve secara terang-terangan mendorong PSSI untuk merekrut sang pelatih.

Baca Juga:  Statistik dan Raport Skuad Garuda di Laga kontra Arab Saudi, Siapa Paling Menonjol?

“Potensi berita besar bagi Indonesia. Jeon Kyung-jun memainkan peran penting sebagai ahli taktik saat menjabat asisten Shin Tae-yong,” tulis Steve Han.

Steve Han lalu menyebut prestasi Jeon Kyung Jun dan Shin Tae-Yong ketika berhasil membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 lalu.

“Dia adalah bagian besar dari staf teknis yang memandu kemenangan Korea atas Jerman pada 2018. Indonesia harus mendorong reuni Shin-Jeon,” tulisnya lagi.

Namun, keputusan terkait kepelatihan di tubuh Timnas Indonesia belum ditentukan sampai saat ini. Keputusan tersebut hanya akan dibahas setelah Shin Tae-Yong dan Timnas Indonesia kembali ke tanah air usai Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Kami menunggu Shin kembali dari Kuwait. Setelah itu, kami akan mendiskusikannya,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan terkait pergantian pelatih di Timnas Indonesia.

 

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Jeon Kyung Jun, Calon Kuat Pengganti STY di Timnas Indonesia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid