Timnas Indonesia

Top Skor Piala AFF 2004 Bicara Soal Kekuatan Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Eks striker , Ilham Jaya Kesuma bicara soal kekuatan Timnas Indonesia saat ini. Pemain yang pernah menjadi top skorer 2004 ini juga berbicara terkait peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Diketahui, Timnas Indonesia tergabung dalam grup A Piala AFF 2022 bersama Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Garuda Indonesia berkesempatan melawan Timnas Thailand dan Kamboja sebagai tuan rumah sedangkan di laga melawan Brunei dan Filipina, Marc Klok dkk akan bermain tandang.

Menurut Ilham, kekuatan Timnas Indonesia saat ini sangat baik. Bahkan, menurutnya, kualitas permainan skuad Timnas Indonesia semakin baik di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong. Berkat tangan dinginnya, Timnas Indonesia akhirnya mentas lagi di kejuaraan sepak bola paling prestisius di Asia yakni Piala Asia 2023.

Terakhir, Garuda Indonesia mentas di even serupa adalah pada tahun 2007. Itupun skuad Timnas Indonesia lolos karena statusnya sebagai tuan rumah. Namun kini, tanpa diduga-duga, Timnas Indonesia lolos di bawah pelatih yang tidak lama menanganinya. Bahkan, bukan hanya Piala Asia 2023, STY juga berhasil membawa Garuda muda mentas di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

“Menurut saya sih sampai sekarang sejauh ini cukup bagus ya, persiapan pun kalau saya kira dari biasanya juga cukup bagus,” ujar Ilham Jaya Kesuma.

Saking yakinnya Ilham dengan kekuatan Timnas Indonesia, ia beranggapan bahwa Timnas Indonesia tidak perlu melakukan laga uji coba sebelum tampil di Piala AFF 2022 ini.

“Walaupun tidak TC atau mereka sering berkumpul, saya kira tidak masalah,” ujarnya menambahkan.

Diketahui, Timnas Indonesia direncanakan akan mengikuti TC serta melakoni satu laga uji coba sebelum tampil di even dua tahunan tersebut.

Selain itu, Ilham juga memuji komposisi skuad Timnas Indonesia saat ini. Ilham kepincut dengan salah satu pemain muda terbaik yang dimiliki Indonesia yakni Marselino Ferdinan. Marselino Ferdinan menjadi satu-satunya pemain muda yang berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke dua even besar yakni Piala Asia U-20 dan Piala Asia U-20 2023.

“Menurut saya sih ada di setiap sisi timnas sekarang sih terbaik semua ya, mungkin rata-rata terbaik. Tapi ada alangkah baiknya di coba, mungkin pemain usia muda seperti dari Persebaya Surabaya, Marselino itu bisa dicoba,” kata Ilham yang kini berkarir sebagai seorang pelatih itu.

Selain Marselino Ferdinan, dua pemain lain yang menjadi perhatian Ilham adakah duo pemain abroad . Keduanya adalah Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri.

“Jadi ke depannya, mudah-mudahan bertambah lagi kekuatan Timnas kita. Kan ada Egy, lalu ada Witan yang sekarang main di luar nanti ditambah lagi beberapa pemain senior,” tutupnya.

Top skorer Piala AFF 2004 ini juga berbicara terkait lawan-lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Ilham hanya menyebut dua tim terkuat yang ‘bisa' menjadi batu sandungan bagi skuad Garuda Indonesia.

“Sebenarnya untuk persaingan dari tiap tahun paling Vietnam, Thailand, jadi tidak masalah karena kita sering ketemu. Paling tidak punya persiapan dan yang paling terpenting mental. Itu aja kuncinya.”

“Ketika ketemu Thailand dan Vietnam bagaimana mental pemain kita. Semuanya hampir sama rata-rata. Sekarang Filipina pun berkembang, lalu Brunei juga yang biasanya gak lolos,  tahun ini lolos kan,” katanya.

“Jadi untuk sekarang ini sepak bola Asia Tenggara sudah bagus. Tidak seperti dulu, Kamboja bisa kita kalahin 5-0, 7-0 begitu juga Filipina. Sekarang semua berkembang dengan cepat. Kalau kita tidak bisa ikut era baru, bola kita akan tertinggal,” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid