Timnas Indonesia

Proses Naturalisasi Tak Kunjung Rampung, Exco PSSI Beri Klarifikasi



Proses Naturalisasi Tak Kunjung Rampung, Exco PSSI Beri Klarifikasi
Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani dan pelatih Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah menyertakan dan mengirim dokumen administrasi untuk persyaratan perpindahan kewarganegaraan. Sayang, hingga hari ini, dokumen tersebut ternyata masih tertahan di Menpora.

Proses naturalisasi dua pemain yang bermain di kompetisi Eropa itu tak kunjung selesai. Berkas yang mereka kirimkan waktu itu pun masih tersendat di Kemenpora. Padahal, dalam waktu dekat ini, jasa keduanya sangat dibutuhkan oleh Timnas Indonesia.

Bukan tanpa alasan. Ternyata, berkas yang dikirimkannya belum lengkap. Sehingga sampai hari ini masih tertahan kementrian terkait (Kemenpora). Zainuddin Amali berujar bahwa masih ada berkas lainnya yang harus diurus oleh federasi Sepak Bola Indonesia atau PSSI.

“Masih menunggu administrasi lengkap, administrasi harus disiapkan federasi kami menunggu saja,” jelas Amali menanggapi molornya proses naturalisasi tersebut.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kita sudah rapatkan dan sudah didorong ke kementerian terkait ke Kemensesneg juga, biasanya di Kemenkumham yang sedikit lama karena mereka lebih detail dan teliti.” Lanjutnya lagi.

Padahal, dari tiga pemain yang sudah menyatakan diri untuk siap membela Timnas Indonesia, dua pemain inilah yang paling bersemangat ketika tawaran itu datang.

Tidak menunggu waktu lama, keduanya segera mengirim berkas administrasi ke PSSI waktu itu. Bahkan, Sandy Walsh yang saat ini bermain di kasta tertinggi mengaku sedang belajar bahasa Indonesia di sela kegiatannya bermain dan berlatih bersama klubnya.

Proses yang tak kunjung rampung ini membuat banyak pihak deg-degan. Pasalnya, Timnas Indonesia tengah disibukkan oleh agenda yang cukup padat.

Bulan depan ada FIFA Matchday, kemudian , setelah itu ada SEA Games di Vietnam, terakhir 2022 yang direncanakan akan berlangsung pada akhir tahun ini.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Menanggapi komentar Menpora, anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani angkat suara.

“Sebenarnya bukan dokumen (yang menjadi hambatan,” ujarnya.

“Tetapi pertanyaan atau kajian mengapa harus ada pemain naturalisasi, bagaimana dengan aturan FIFA, dan lainnya yang dipertanyakan tim hukum Menpora kepada PSSI,” lanjutnya menjelaskan.

“Mudah-mudahan dalam satu dan dua hari ke depan akan dikirimkan ke Menpora,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid